Langsung ke konten utama

Waspada Pembajakan WhatsApp dan Cara Mengatasinya

Tips Mencegah Pembajakan Akun WhatsApp


WhatsApp dibajak orang? Apa bisa? Diantara teman-teman pembaca pastinya sudah tidak asing dengan istilah "pembajakan", dan menurut KBBI jika Pembajakan merupakan kegiatan merampas barang atau hak orang lain. Dan, akhir-akhir ini sedang dihebohkan dengan pembajakan whatsApp (WA), sebagaimana yang sudah dialami oleh beberapa teman Saya. 


Kejadiannya sudah berulang kali terjadi, dari laporan yang masuk ke WhatsApp Grup, jika ada seorang teman (Sebut saja si P = Pelaku) menjapri teman lainnya (Kita sebut CK = Calon Korban) dengan isi japrian meminta tolong bantuan, tentu saja meminta pinjaman sejumlah uang. Teman saya/ Calon Korban yang dimintai tolong tersebut merasa ada yang aneh dengan gaya bahasa tulisan dari si Pelaku tersebut, karena sesama teman dan kalau sangat akrab pastinya paham dengan gaya bahasa masing-masing. Karena merasa ada yang mencurigakan, akhirnya si Calon Korban mencoba untuk mengajak video call, ternyata ditolak oleh si pelaku dengan beragam alasan. Akhirnya Calon Korban mencoba menghubungi temannya tersebut via media sosial lainnya seperti ke akun Facebook (FB) ataupun Instagram. Dan, ternyata dugaannya benar jika akun WhatsApp-nya tengah kena pembajakan. Oleh teman Saya/ Calon Korban tersebut, langsung share peristiwa itu di grup supaya admin grup mengeluarkan nomor yang kena pembajakan itu, agar tidak ada yang kena tipu. 


Di beberapa tempat lainnya, ternyata ada yang kena tipu dengan pembajakan yang dialami oleh temannya tersebut, dan dengan modus yang sama, yakni meminjam sejumlah uang. Dari peristiwa ini, tentunya kita mesti selalu waspada dan jangan mudah percaya alias cari tahu dulu kebenaran informasinya. Misal, ada pesan masuk dari seseorang yang mengatasnamakan teman, saudara atau bahkan keluarga lainnya, ada baiknya diselidiki terlebih dahulu, jangan langsung panik dan memberi peluang pada si pembajak untuk menipu. Tidak hanya itu saja, jika ada nomor atau pesan yang tidak dikenal masuk meminta kita untuk memberikan semacam kode (baik kode PIN atau OTP) dengan alasan salah kirim, jangan sekali-sekali memberikannya begitu saja, sebab perusahaan manapun sangat melarang kita memberikan kode keamanan kepada orang lain termasuk karyawan perusahaan itu sendiri seperti perusahaan Gojek, Bank dan sebagainya. Ingat! Kode apapun itu adalah rahasia pribadi kita, jangan sampai bocor. Nah, untuk itu ada baiknya gunakan kode keamanan supaya akun WhatsApp aman dari pembajakan.


Tanda Akun WhatsApp Dibajak

Beberapa hal berikut merupakan tanda yang mesti diwaspadai dan perlu penanganan segera, karena itu berarti akun whatsApp sudah dibajak.

  • Akun WhatsApp Tiba-tiba Keluar

Waspadai jika akun WA kamu tiba-tiba keluar atau log out dari HP, itu bisa menjadi pertanda jika akun WhatsApp kamu tengah dibajak. Karena, pada dasarnya akun WhatsApp tidak bisa digunakan di dua HP secara bersamaan.


  • WhatsApp Web Kamu Tiba-tiba aktif

Nah, kalau WhatsApp Web kamu tiba-tiba aktif, padahal nggak kamu aktifin, itu juga bisa menjadi tanda jika akun WhatsApp-mu tengah disadap. Untuk mengeceknya cukup mudah, kamu hanya perlu klik ikon tiga titik di kanan atas akun WhatsApp-mu.


  • WhatsApp Online Padahal Tidak Digunakan

Bila akun WhatsApp kamu menunjukan online padahal sedang tidak aktif, bisa jadi WhatsApp sedang dibajak. Untuk mengetahuinya, coba Kamu buka kontak sendiri di HP milik orang lain dan lihat apakah WhatsApp kamu tengah online atau tidak.


  • Pesan Asing Terkirim

Jika ada pesan asing terkirim, padahal sepengetahuan pengguna tidak mengirim pesan apapun kepada seseorang yang dituju, maka bisa dipastikan WhatsApp nya tengah dibajak.


Jika WhatsApp terlanjur dibajak, bagaimana donk? Kalau sudah terlanjur dibajak, teman-teman bisa coba cara berikut, yang dikutip dari CNN Indonesia, yakni kalian coba kirim email ke support@whatsapp.com dan jelaskan dalam email tersebut jika akun kamu kena bajak dan ingin menonaktifkan akun WhatsApp-mu tersebut. Nah, jika sudah 30 hari lebih, kamu bisa coba mengaktifkan kembali akun WhatsApp-mu.


Cara Membuat Kode Keamanan Agar WhatsApp Tidak Dibajak

Sebelum WhatsApp dibajak, ada baiknya segera lakukan tindakan, dan cara berikut bisa kalian gunakan untuk menghindari pembajakan tersebut, yakni:

  • Masuk ke aplikasi WhatsApp, klik titik tiga kanan atas lalu pilih "Setelan".

Amankan Akun WhatsApp

Cara agar akun WA tidak dibajak

  • Setelah masuk ke halaman setelan, pilih "Akun" kemudian pilih "Verifikasi Dua Langkah".

Segera amankan Akun WA dari Pembajakan

* Aktifkan Verifikasi dua langkah dengan memasukkan 6 digit angka yang mudah diingat dan masukkan pula alamat email aktif yang biasa kamu gunakan. Ini bertujuan jika kamu lupa PIN maka bisa distel atau konfirmasi melalui email tersebut. 


Amankan akun WA mu dari pembajak

WhatsApp aman dengan cara berikut

* Save. Akun WhatsApp telah aman. 


Semoga infonya bermanfaat dan selamat mencoba!



Komentar

  1. Alhamdulillah mba Elva. Pas banget aku lagi nyari cara verifikasi. Alhamdulillah pas nemu tulisan ini langsung aku stel deh. Makasih mba :)

    BalasHapus
  2. Waduh, kalau lupa PIN gimana ya? Apa bisa klik pengingat PIN WA saat awal? Iya ya mesti dijaga ketat nih WA kan udah kayak nyawa sehari2 super penting buat kehidupan kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usahakan catat dan simpan di tempat yg aman.

      Hapus
  3. Waaah, iya nih sekarang kayaknya makin banyak penipuan juga lewat wa ya. Pas banget aku mau coba juga nih cara buat bikin wa jadi lebih aman. Terimakasih ya Mba Elva. :)

    BalasHapus
  4. Wah, ngeri ya zaman sekarang, orang jahat juga makin canggih, jadi harus hati-hati, aku jadi keingetan udah verifikasi dua langkah belum ya wa ku? Ok, kudu di cek ..

    BalasHapus
  5. Ihhh ini memang sedang banyak2nya kejadian. Temen2ku ada beberapa yg kena, wa nya dibajak. Dan pelakunya pada minta duit kemana2. Yg lucu, dia minta minjem duit Ama bos besar di kantor, yg mana kita mau bicara biasa aja serem, apalagi minta pinjem duit wkwkwkwkwkwk. Itu kocak sih pas si bos di kantor terima wa palsunya :D

    Verifikasi 2 langkah aku udh terapin mba. Bukan cm utk wa, tapi juga FB. Dan kemarin baru aja dpt email dr FB kalo ada seseorang yg mau mencoba hack FB ku :D. Tapi ga bisa , makanya FB kirim email nanya itu aku ato bukan.

    Penting verfikasi 2 langkah ini. Setidaknya kita persulit si pelaku utk meretas medsos kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya penting banget mbak. Saya pun semua akun medsos kupakai verifikasi 2.langkah biar aman

      Hapus
  6. Zaman sekarang memang harus hati hati ya ummi, karna bukan cuma jejaring sosial tapi sekarang para hacker udah bisa meretas WA kita.
    Untuk itu kita juga harus lebih pintar dari para peretas dengan cara melakukan cara yang ummi share di artikel ini.
    Supaya tak ada lagi yang menjadi korban penipuan lainnya

    BalasHapus
  7. Embbbeerrr... Banyak banget sekarang penipuan. Selain teknologi canggih, penipuan pun makin canggih pula. Emg kudu hati2. Alhamdulillah saya sudah memakai step 2 langkah dari pertama pakai WA.

    BalasHapus
  8. Verifikasi 2 langkah sudah saya lakukan sama ga angkat tilpun kalau nomer tak dikenal sama gak sembarang buka link dari chat nyasar atau di wag. emang harus waspada tingkat tinggi nih

    BalasHapus
  9. Untung dari dulu sudah pakai verifikasi, jadi aman ya mudahan... Ngeri ah kalau WhatsApp di bajak gitu

    BalasHapus
  10. Barusan di grup influencer ada yang dibajak nomor wa nya. Tapi sudah bisa dikembalikan. Ada juga modus baru sekarang ini Mbak. Orang pake nomor lain, tapi profil orang lain. Pura-pura jadi siapa gitu. Sepertinya dia tahu kontak di hp si yang di serupai itu.

    BalasHapus
  11. Verifikasi dua langkah ini ternyata penting banget ya kak. Bukan sekadar karena kita parno. Ternyata efeknya lebih serius kalau lengah saat menggunakan whatsapp

    BalasHapus
  12. ngeri banget ya mbak apalagi yang semisal jualan online, kan nomor wa mereka pasti dipasang di biodata sosial media.
    Saya juga sudah pasang verifikasi dua langkah, semoga saja tidak mengalami kejadian tidak mengenakan seperti ini.

    BalasHapus
  13. Wahh aku pernah nih tiba2 gang aja gitu Wa nya, aku sangka kepenuhan hpku, ternyata bisa jadi sedang dibuka mungkin ya, sekarang aku pergunakan dual control

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf jika tidak saya publish komentar yang menyertakan link.

Postingan populer dari blog ini

Traveling ke Hutan Mangrove Bengkulu

Halo. Apa rencana kalian Weekend nanti? Sudah punya rencana dan sudah tahu mau kemana? Kemana pun tujuan kalian berlibur nanti, tetap utamakan keselamatan ya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, soal weekend mau kemana, saya punya usul nih, kalau weekend-nya bisa jalan-jalan ke Hutan Mangrove Bengkulu.  Buat warga Bengkulu pasti sudah tidak asing lagi ya dengan tempat wisata yang satu ini, lokasinya berada di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu, tepatnya berada di Kampung Sejahtera setelah Dermaga 1 menuju Pelabuhan Pulau Baai. Saat tiba di lokasi, kita akan disajikan suasana hutan mangrove, dan menariknya kita juga bisa menggunakan fasilitas perahu nelayan sekitar untuk bisa mengelilingi lokasi hutan mangrove, karena katanya belumlah lengkap apabila belum mengelilingi hutan Mangrove tersebut. Tarif naik perahu nelayan terbilang murah, cukup merogoh kocek hanya Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 , kita sudah bisa menggunakan perahu untuk melihat hut

Tips Menambah Follower Tanpa Beli

Hai hai hai ... Assalamu'alaikum. Apa kabar nih follower instagramnya? Dan berapa nih jumlah PV Instagram Story-nya? Masih segitu-gitu aja, atau ada peningkatan?? Nah, kali ini Saya mau curhat sedikit banyak soal cara meningkatkan jumlah follower. Bukan beli ya 🤭, soalnya sayang sama duitnya, bisa buat beli cilok, buat amal bahkan buat berwakaf. Buat teman-teman yang mau ikutan berwakaf, bisa melalui link http://bawaberkah.org loh, kita pun bisa berwakaf hanya Rp. 10.000 jika melalui transfer Bank dan minimal Rp. 20.000 jika melalui Gopay transfer. Asiknya, Kita bisa melakukan transferan yang menurut kita nyaman. Dan pahala pun kita dapatkan, Insyaa Allah asal ikhlas ya. Aamiin. Memang sih teknik beli follower bisa meningkatkan jumlah followers kita, apalagi rata-rata beberapa job menginginkan akun yang jumlah followernya gede, ada yang lima rebu, sepuluh rebu bahkan ada yang sudah mencapai ratusan ribu. Uwoww, kalau permintaan udah segitu dan kitanya belum memenuhi targ

Pentingnya Menjaga Pola Makan Agar Tubuh Tetap Sehat

Sehat. Siapa sih, yang tidak ingin tubuhnya sehat? Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Memiliki tubuh yang sehat, tentunya akan memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, namun ketika tubuh kita lemah, maka hal itu tentunya akan sangat menghambat  semua aktivitas, seperti misalnya ketika hari ini masuk sekolah, namun kalian sedang jatuh sakit, tentunya akan sangat memberatkan, hingga akhirnya mengharuskan kalian untuk ijin tidak masuk sekolah terlebih dahulu, dan harus ketinggalan pelajaran pula. Huuuuuu sedih syekalehh.  Nah, salah satu hal yang dapat membuat kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit adalah dengan menjaga pola makan. Mengingat betapa pentingnya dalam menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat, aku punya tips-tipsnya nih, langsung aja yuks simak. Cekidot!  Jangan tinggalkan sarapan. Sarapan tentunya sangat penting untuk tubuh kita, dengan sarapan tubuh kita akan memili