Langsung ke konten utama

Tips Merawat HP Agar Awet Pemakaian

Tips agar HP awet
Pict. Dokpri


Hayo ngaku, siapa yang lebih baik ketinggalan dompet daripada HP? 😁 

Kita pastinya nggak bisa lepas dari yang namanya HP, apalagi HP sekarang semakin canggih dengan adanya aplikasi-aplikasi baru mumpuni yang dapat membantu segala aktivitas online kita, seperti misalnya aplikasi belanja online, entah itu untuk belanja sayur, F & B, kosmetik, aplikasi ojek online, hingga ingin bersih-bersih rumah pun kita bisa memanggil cleaning service secara online. 


Ngomongin soal memiliki HP, tentunya kita juga akan melakukan perawatan terhadap HP tersebut supaya tidak cepat rusak. Siapa nih, diantara kalian males ngerawat HP-nya? Saran Saya, jangan males-malesan deh ngerawat HP, supaya HP yang kita punya tersebut awet dan tahan lama pemakaiannya. 


Akan tetapi, dalam hal merawat HP tentunya tidak mudah jika belum tahu bagaimana cara merawatnya, namun jika sudah paham tentunya HP akan senantiasa terawat dan nggak bakalan cepat rusak. Seperti yang pernah Saya alami dulu, yang mana HP kamera yang baru dibeli mendadak batrainya kembung, tentu saja itu akibat keteledoran Saya saat mengecas. Sejak saat itu, Saya lebih berhati-hati supaya kejadian serupa tidak terulang lagi. Tahu sendiri biaya service HP itu nggak murah, dan kalau rusak ya terpaksa ganti HP baru yang artinya mesti merogoh kocek lebih banyak. 


Beberapa Penyebab HP Jadi Cepat Rusak

Nah, kalau ngomongin soal penyebab kenapa HP bisa cepat rusak, ini pernah Saya alami dan karena pengalaman itulah kemudian Saya akhirnya tahu penyebab dan bagaimana cara mengatasinya, terlebih ketika sharing dengan saudara dan beberapa orang teman yang juga pernah alami hal serupa, jadi saling sharing deh! 

  • HP Terlalu Lama di Charge

Hayo, siapa yang pernah nge-charge HP sampai berjam-jam lamanya bahkan saat kondisi HP masih menyala? Jika pernah, mulai saat ini hentikan kebiasaan itu, sebab nge-charge HP yang terlalu lama dapat membuat HP lambat laun menjadi kembung dan akhirnya cepat rusak batrainya.

Namun, bila kamu punya kebiasaan lupa pada HP yang di charge tadi, Saya sarankan untuk membeli stop kontak timer. Dan stop kontak timer ini sudah Saya pakai dan buktikan sendiri, kita tinggal setting berapa jam HP yang akan di-charge tersebut dan ketika sudah waktunya maka ia akan mati secara otomatis.


Cara agar HP awet terus


  • HP Terkena Air/ Kemasukan Air

Ini pernah banget Saya alami, dimana HP yang Saya simpan di kantong tas ransel yang Saya bawa terlupa dikeluarkan, dan sepulangnya tas ransel tersebut langsung Saya rendam karena niatnya mau mencucinya.

Beberapa menit setelah merendam tas itu Saya baru sadar jika HP belum keluarkan dari kantongnya yang nyelip di dalam tas, buru-buru Saya ambil dan mengeluarkan batrainya serta mengeringkannya. Nah, untuk proses pengeringan ini, karena Saya tidak punya alat pengeringan khusus, akhirnya Saya jemur sebentar. Syukurnya HP itu masih berfungsi hingga sampai saat ini. Coba kalau terendamnya terlalu lama, bisa-bisa rusak total deh itu HP. 

Saran, sebaiknya ada tas kecil khusus untuk meletakkan HP jika ingin bepergian dan jangan contoh ya keteledoran Saya tadi 🥴.


  • Gunakan Silikon HP (Softcase)

Silikon HP juga sangat diperlukan untuk melindungi HP dari benturan, misalnya karena terjatuh. Sebab, Saya pernah mengalami ini, dimana tanpa disengaja HP terjatuh dari tangan Saya. Alhamdulillah kondisi HP masih baik dikarenakan silikon HP yang Saya pakai melindungi HP dari benturan saat HP terjatuh.


  • Bersihkan Bagian Luar HP dengan Lap Secara Rutin

Supaya HP awet, salah satu cara yang juga Saya gunakan adalah dengan rutin membersihkan HP menggunakan kain lap yang lembut dengan memberi sedikit tetesan minyak kayu putih. Ini bertujuan supaya HP senantiasa bersih dari kumam, sebab dari beberapa artikel yang Saya baca jika kuman banyak terdapat pada HP yang kita gunakan sehari-hari.


Nah, itulah beberapa tips dari Saya mengenai cara merawat HP agar awet pemakaian. Namun, jika kalian ingin tahu bagaimana cara mengatasi HP supaya tidak lemot, bisa banget baca ulasannya Kak Ipeh Alena berikut, dengan judul Tips Handphone Anti Lemot dan semoga bermanfaat ya!

Komentar

  1. Saya malah seringnya pas ngecharge. Terus batrenya belum penuh. Udah aku cabut saking udah keburu butuh dipake hapenya. Padahal hapenya udah ada fastcharging. Apa ngga berfungsi lagi ya gara-gara sering aku lepas buru-buru.

    BalasHapus
  2. Nah bener mbak kebiasaan ku nih yang blm bisa taat untuk charge hp ga berjam2 hihi makasih mbak remindernya

    BalasHapus
  3. Tipsnya pakai kayu putih layak buat dicoba nih Kak. Memang tanpa sadar, HP kan banyak kuman pastinya. terus pas nelp, lengket pula di wajah. Duh.
    Langsung praktek nih ini.

    BalasHapus
  4. AKu banget ini mbak kalau ngecharge suka gak tahu waktu. Mgkin udah saatnya aku membatasi diri dair ngecas hp terlalu lama, hehehe

    BalasHapus
  5. Jawabannya akuuuuuu, lebih baik ketinggalan dompet dri pd HP. Krn dgn HP semua jadi mudah. Tinggal dompet, dihp sudah ada berbagai aplikasi yg bisa buat bayar kebutuhan yg kita inginkan. Kl merawat HP nih, aku sudah lupa keasyikan pakai. Padahal perlu ya mbak. Harus lebih teliti nih, biar umur HP panjang 😁

    BalasHapus
  6. Wah, aku sering banget kalau malam charger kelamaan sampai pagi , harus diterapkan nih biar awet hpku.

    BalasHapus
  7. Ngomongin hp kecemplung air, aku sudah mengalami. Dua kali pula. Cuma masih rejeki aja, hp masih mau hidup. Tipsnya, kalau hp terkena air, langsung lepas batre, keringkan sampai benar2 kering. Aku sampe jemur di matahari beberapa menit, trus dibalut tisi, masukan diberas semalaman. Kalau sudah kering sempurna, baru boleh dihidupkan. Biar gak konslet.

    BalasHapus
  8. Dulu aku seperti itu nge-charge sambil main ponsel dan bahkan ponsel batre aku sampai melembung, untung tak meledak... Karena itu lah aku mencoba bijak dalam menggunakan smartphone

    BalasHapus
  9. Ngacuuung bener banget mbak aku masih mending ketinggalan dompet timbang hape. Trims tipsnya kak bermanfaat sekali ini

    BalasHapus
  10. Memang berbeda ketika hp dipakein softcase sama gak kak. Jadi pas jatuh gak ada goresan.
    Softcase jadi berasa "helm" buat si hp.
    Pernah kan kak, hp aku dicampakkan si bungsu. Alhamdulillah karena masih ada softcase jadinya aman..

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf jika tidak saya publish komentar yang menyertakan link.

Postingan populer dari blog ini

Insto Dry Eyes, Solusinya Mata Kering

Kemana-mana mesti bawa Insto Dry Eyes . Obat tetes mata yang biasa Saya gunakan untuk atasi mata kering akibat terlalu lama terpapar layar smartphone . Sejak memutuskan mencari penghasilan lain selain menulis di beberapa platform, yakni menjadi admin sebuah management , tentu saja saya semakin lama bersentuhan dengan smartphone, bisa dibilang selama 24 jam hanya 9 jam mata beristirahat. Apalagi ada job dadakan, sayang donk dilepas begitu saja, kan lumayan duitnya buat jajan anak dan menambah kebutuhan dapur. Tapi ya itu resikonya, mata jadi makin lama menatap layar karena mesti cek spreadsheet hasil kerjaan satu per satu, belum lagi ada deadline tulisan yang sudah mepet harus disetor, ditambah terpapar kipas angin saat proses pengerjaan deadline dan pengecekan karena akhir-akhir ini cuaca begitu panas, alhasil membuat mata makin perih bahkan pegel. Mata juga jadi mengalami sepet luar biasa akibat kurang tidur. Andai mata bisa berteriak, pastilah dia minta tolong. Tapi ya, mau gimana

Review Salah Satu Karya Cerpen dari Kumpulan Cerpen Garwa: Sigaraning Nyawa

Halo sobatq, siapa diantara kalian yang suka membaca cerpen, novel dan buku lainnya? Kalau Saya suka banget, dan alhamdulillah sudah beberapa buku antologi cerpen dan puisi yang salah satunya terdapat karya Saya. Seperti baru-baru ini, Saya bersama teman-teman penulis dari berbagai latar, hingga berbagai daerah telah berhasil membukukan karya setelah mengikuti kelas KMO Batch 26 kelompok 11 beberapa waktu lalu. Kumpulan cerpen tersebut kami beri judul Garwa: Sigaraning Nyawa. Jadi, Garwa ini sering dipahami dengan “Sigaraning Nyawa” yang artinya belahan nyawa atau belahan jiwa. Yang tentunya memiliki makna jika istri adalah belahan jiwa bagi suaminya. Oiya, hampir terlupa. KMO atau Komunitas Menulis Online ini kerap mengadakan kelas belajar secara online loh. Dan, ketika nama kita terdaftar, kita akan di add di whatsapp grup dan grup khusus telegram. Tapi, ada tantangannya setelah kelas berjalan, dan tugas harus dikerjakan sesuai deadline yang diberikan. Jika sebanyak 3 kali kita tidak

Traveling ke Hutan Mangrove Bengkulu

Halo. Apa rencana kalian Weekend nanti? Sudah punya rencana dan sudah tahu mau kemana? Kemana pun tujuan kalian berlibur nanti, tetap utamakan keselamatan ya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, soal weekend mau kemana, saya punya usul nih, kalau weekend-nya bisa jalan-jalan ke Hutan Mangrove Bengkulu.  Buat warga Bengkulu pasti sudah tidak asing lagi ya dengan tempat wisata yang satu ini, lokasinya berada di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu, tepatnya berada di Kampung Sejahtera setelah Dermaga 1 menuju Pelabuhan Pulau Baai. Saat tiba di lokasi, kita akan disajikan suasana hutan mangrove, dan menariknya kita juga bisa menggunakan fasilitas perahu nelayan sekitar untuk bisa mengelilingi lokasi hutan mangrove, karena katanya belumlah lengkap apabila belum mengelilingi hutan Mangrove tersebut. Tarif naik perahu nelayan terbilang murah, cukup merogoh kocek hanya Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 , kita sudah bisa menggunakan perahu untuk melihat hut