Langsung ke konten utama

Belajar Meningkatkan Trafik Blog Bersama Sobat Blogwalking Asik

Tips Meningkatkan trafic blog


Belajar itu tidak ada habis-habisnya, dan dengan belajar tentunya kita akan makin banyak tahu dan banyak ilmu. Seperti beberapa waktu lalu, Saya sempatkan untuk belajar mengenai cara meningkatkan trafik blog, apalagi Saya mengelola blog pribadi.


Setidaknya tahu isi dalam blog, ibaratnya punya rumah ya mesti tahu gimana isi rumahnya, kalau berantakan mesti diapain supaya rapi dan tamu senang berkunjung. Kira-kira seperti itu.


Nah, alhamdulillah Saya berkesempatan ikut materinya Mas Doel. Mengapa? Sebab, hanya anggota grup saja yang mendapat kesempatan itu, jadi tidak semua dan sembarang orang juga buat ikutan.


Sebelum Saya share info tentang cara meningkatkan trafik blog, Saya mau cerita sedikit nih soal grup WhatsApp Blog Walking Asik (BWA). Saya lupa kapan persisnya Saya gabung di grup tersebut, dan juga tak ingat siapa yang merekomendasikan Saya grup itu. Tapi intinya, grup tersebut grup yang asik, tidak hanya asik buat belajar akan tetapi juga asik buat berteman.


Grup yang diketuai oleh mbak Hani Widiatmoko dan mbak Rini Novita Sari ini terdapat sekitar 219 anggota dari berbagai daerah dan menjadi grup yang menyenangkan, karena siapa saja bisa bertanya soal blog entar ada yang memberi solusi penjelasan, bahkan ada yang dibully, tapi yang dibully asik-asik aja karena dianggap hanya bercanda 😅. Saking banyaknya anggota grup, akhirnya dibuatlah inisiatif mengadakan webinar yang materinya disampaikan oleh Kak Doel, dan diminta para anggota grup untuk ikut challenge dengan menulis ulasan mengenai materi yang disampaikan (bagi yang ikut) dan menulis tentang grup Blog Walking Asik (bagi anggota yang tidak sempat ikutan)


Cara Meningkatkan Trafik Blog

Nah, kali ini Saya akan membahas tentang materi yang sudah Saya catat. Ada beberapa poin penting yang mesti diperhatikan dalam menulis blog agar trafik blog bisa meningkat, tapi sebelumnya kalian sudah tahu belum apa itu trafik dan mengapa sebegitu pentingnya?


Trafik Blog dan Mengapa Penting.

Trafic artinya lalu lintas. Dan trafic inilah yang menjadi salah satu amunisi yang bagus untuk melakukan digital marketing. Semakin tinggi listas tersebut maka akan semakin besar peluang pemasar untuk menarik perhatian audiens serta meraup keuntungan dari situs web-nya tersebut.


Sehingga, trafic blog menjadi penting karena apabila trafic blog tersebut bagus maka blog tersebut punya potensi mendatangkan segudang manfaat bagi pemilik blog.


Langkah-Langkah yang Harus Diperhatikan Dalam Upaya Meningkatkan Trafic Blog

Ada beberapa persiapan yang mesti dipersiapkan sebelum menulis konten, diantaranya:

  • Persiapan Sebelum Menulis Konten.

1. Audit - On - Page

* Kecepatan (di atas 70%)

* UI & UX (Tampilan dan Pengalaman Pengguna)

* Struktur Halaman


2. Riset Keyword.

* Google Suggest

* Keyword Planner

* Ubersugest

* Ahrefs

* Keywordtool.io

* Rankmath (plugin di wordpress)


Ada beberapa tantangan dalam riset keyword, diantaranya: kompetitor, Search Intent, Frasenya kaku dan tidak baku.


  • Persiapan Saat Membuat Konten

- Tentukan search intent dan buatlah schema markup-nya

- Masukkan keyword ke judul

- Hindari keyword stuffing (dimana-mana)

- Tetap masukkan keyword dalam artikel dan H2

- Sertakan juga LSI-nya

- Sertakan gambar dalam format (dot)webp ukuran < 30 kb

- Sertakan internal link untuk membuat koherensi antar halaman

- Masukkan link keluar apabila diperlukan


  • Persiapan Setelah Membuat Konten

- Pastikan link artikel tersebut terindex dengan share Google Search Console (GSC)

- Setelah terindeks silakan share ke media sosial. Kalian juga bisa share ke grup support.


Nah, itulah beberapa point penting yang Saya catat. Semoga bermanfaat dan selamat praktek, semoga berhasil

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Traveling ke Hutan Mangrove Bengkulu

Halo. Apa rencana kalian Weekend nanti? Sudah punya rencana dan sudah tahu mau kemana? Kemana pun tujuan kalian berlibur nanti, tetap utamakan keselamatan ya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, soal weekend mau kemana, saya punya usul nih, kalau weekend-nya bisa jalan-jalan ke Hutan Mangrove Bengkulu.  Buat warga Bengkulu pasti sudah tidak asing lagi ya dengan tempat wisata yang satu ini, lokasinya berada di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu, tepatnya berada di Kampung Sejahtera setelah Dermaga 1 menuju Pelabuhan Pulau Baai. Saat tiba di lokasi, kita akan disajikan suasana hutan mangrove, dan menariknya kita juga bisa menggunakan fasilitas perahu nelayan sekitar untuk bisa mengelilingi lokasi hutan mangrove, karena katanya belumlah lengkap apabila belum mengelilingi hutan Mangrove tersebut. Tarif naik perahu nelayan terbilang murah, cukup merogoh kocek hanya Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 , kita sudah bisa menggunakan perahu untuk melihat hut

Persiapan Yang Diperlukan Jika Naik Pesawat Saat Hamil di Masa Pandemi

Menggunakan transportasi udara untuk mudik di masa pandemi tentunya bikin hati deg-degan, dan perlu persiapan yang matang, apalagi ketika sedang hamil. Sebagaimana yang Saya alami baru-baru ini. Ada beragam berkas dan hal lainnya yang mesti benar-benar dipastikan dibawa dan tidak tertinggal, karena kalau tertinggal bisa-bisa akan sulit untuk bisa berangkat hari itu, seperti yang baru-baru ini Saya alami, dimana surat keterangan hamil yang sudah Saya persiapkan justru tak tahu dimana rimbanya, padahal jelas-jelas sudah Saya satukan dengan buku pink dari puskesmas. Syukurnya dapat solusi dari petugasnya. Setelah sampai di tujuan dan iseng cek lagi, eh ternyata ada nyelip di buku pink 🥴. Persiapan Penting yang Diperlukan Selain membuat ceklist semua barang-barang yang akan dibawa, berkas-berkas pun juga mesti diceklist supaya tidak ada yang tertinggal, diantaranya: Surat Keterangan Hamil Sebelum merencanakan kepergian, ada baiknya pastikan terlebih dulu keadaan ke dokter, apakah ibu ham

Waspada Pembajakan WhatsApp dan Cara Mengatasinya

WhatsApp dibajak orang? Apa bisa? Diantara teman-teman pembaca pastinya sudah tidak asing dengan istilah "pembajakan", dan menurut KBBI jika Pembajakan merupakan kegiatan merampas barang atau hak orang lain. Dan, akhir-akhir ini sedang dihebohkan dengan pembajakan whatsApp (WA), sebagaimana yang sudah dialami oleh beberapa teman Saya.  Kejadiannya sudah berulang kali terjadi, dari laporan yang masuk ke WhatsApp Grup, jika ada seorang teman (Sebut saja si P = Pelaku) menjapri teman lainnya (Kita sebut CK = Calon Korban) dengan isi japrian meminta tolong bantuan, tentu saja meminta pinjaman sejumlah uang. Teman saya/ Calon Korban yang dimintai tolong tersebut merasa ada yang aneh dengan gaya bahasa tulisan dari si Pelaku tersebut, karena sesama teman dan kalau sangat akrab pastinya paham dengan gaya bahasa masing-masing. Karena merasa ada yang mencurigakan, akhirnya si Calon Korban mencoba untuk mengajak video call, ternyata ditolak oleh si pelaku dengan beragam alasan. Akhirny