Langsung ke konten utama

Beberapa Persiapan Sebelum Membangun Bisnis

persiapan membangun bisnis
Persiapan sebelum membangun bisnis (pict. pixabay)


"Kira-kira, bisnis seperti ini bakalan untung apa buntung ya?" 


"Mau memulai bisnis, tapi modalnya enggak cukup. Ya sudah, enggak usah dulu deh, lain kali aja!"


Ada yang pernah mengalami hal itu? Belum apa-apa sudah timbul pikiran macem-macem soal bisnis yang akan dijalankan? Toss dulu, karena Saya pun pernah mengalaminya. Saya berpikir, jika ingin memulai bisnis maka perlu modal yang cukup besar, maunya bisa dapat untung gede. Alhasil, rencana tinggal rencana.


Memang sih modal itu perlu tapi asal kita yakin bisa memulai bisnis dengan modal yang minim, in syaa Allah bisnis kecil tersebut bisa berkembang menjadi bisnis yang besar. Namun sayangnya, karena merasa butuh modal yang cukup besar itulah kemudian membuat beberapa orang memilih mundur sebelum memulai usaha.


Apa Itu Bisnis?

Bisnis merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan baik oleh individu atau organisasi atau perusahaan yang menyediakan barang ataupun jasa dengan tujuan untuk mendapat laba. Secara etimologi bisnis berarti suatu keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.


Hampir sebagian besar orang memimpikan bisa menjadi pebisnis yang sukses - termasuk Saya - namun hanya sebagian kecilnya saja yang kemudian benar-benar menjalani mimpinya tersebut. Alasannya karena merintis serta mengelola usaha sendiri tidaklah mudah.


Memang tidak mudah, namun jika kita punya tekad yang kuat maka semuanya akan terasa mudah. Kita pasti pernah melihat entah itu orang di sekitar kita, teman bahkan saudara sendiri yang telah sukses mengembangkan bisnisnya hingga menjadi besar, tahu nggak jika mereka juga memulai usahanya dari tempat yang kecil dan modal yang minim, sebagaimana dari apa yang Saya saksikan secara virtual acara Karya Kreatif Indonesia 2021 yang berlangsung dari tanggal 23 - 26 September 2021.


Dari menonton acara tersebut Saya mendapatkan banyak pelajaran jika ingin memulai sebuah usaha bisnis, dan berikut beberapa hal yang bisa dipersiapkan, diantaranya:

  • Niat dan Yakinkan Hati

Niat dan mantapkan hati sebelum memutuskan mau membuka usaha apa itu perlu, sebab jika masih setengah hati yang ada hasilnya pun setengah-setengah dan akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan yang tak terduga.


  • Tentukan Model Bisnis yang Akan Dijalankan 

Sebelum memulai usaha, kita mesti menentukan terlebih dulu mau membuat usaha produk atau jasa apa yang akan dijual ke konsumen, bisa dengan mencari informasi mengenai tren bisnis apa yang sedang berkembang saat ini, lakukan riset agar tahu jenis barang atau jasa apa yang bermanfaat serta unik dari lainnya. 


  • Buat Catatan Terperinci

Dalam membangun bisnis meskipun bisnis tersebut masih kecil-kecilan, membuat catatan secara rinci itu penting, terlebih catatan keuangan. Hal tersebut dilakukan agar kita tahu berapa pemasukan dan pengeluaran dari bisnis yang dibangun. Selain itu, buatlah juga catatan tantangan apa yang dihadapi dan apa solusinya, agar dari catatan tersebut kita bisa belajar lebih baik lagi dalam memajukan bisnis.


  • Fokuslah Pada Satu Bisnis Terlebih Dahulu 

Setiap orang - termasuk Saya - tentunya ingin memiliki banyak usaha bahkan ada dimana-mana, sebab bisa memberikan keuntungan yang berlipat. Akan tetapi, jika terlalu terburu-buru ingin memulai bisnis kedua, ketiga dan seterusnya dengan menggandakan keuntungan, tentu saja itu bisa saja merusak fokus yang bisa saja membuat kerugian. Jadi, ada baiknya fokuslah terhadap satu bisnis terlebih dulu dan pastikan usaha yang dirintis tersebut benar-benar stabil sebelum kemudian membuka usaha bisnis lainnya.


  • Terus Belajar

Belajar nyatanya tidak hanya saat duduk di bangku sekolah, ketika akan memulai bisnis hingga bisnis telah berjalan pun kita tetap harus belajar, belajar bagaimana bisnis tersebut terus maju hingga dapat berkembang, dan masih banyak lainnya yang bisa kita pelajari.


  • Buat Perencanaan

Perencanaan perlu dilakukan, terlebih soal keuangan. Buat perhitungan kasar pendanaan bisnis yang akan dibangun, catat apa saja yang menjadi kebutuhan serta pengeluaran selama satu tahun, mulai dari biaya sewa ruko, stok barang, gaji karyawan, dan lainnya yang sekiranya diperlukan. Dan yang tidak kalah penting, kita juga harus mencatat modal awal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis tersebut.

 

  • Promosikan Bisnis

Bicara soal mempromosikan bisnis, di era digital seperti sekarang ini tentunya semakin memudahkan kita dalam mempromosikan bisnis tersebut, tidak perlu melakukan promosi secara door to door, sebab pengguna internet sudah menjangkau hingga ke pelosok jadi memungkinkan kita untuk bisa mempromosikan bisnis hingga ke seluruh wilayah Indonesia bahkan luar negeri.


tips sebelum memulai bisnis
Promosi melalui media sosial


Namun, meskipun sekarang kita sudah dimudahkan dengan internet, tapi bukan berarti yang dilakukan telah aman. Kita juga harus tetap berhati-hati dengan malware, sebab malware ini diciptakan untuk mengacaukan sistem agar data pribadi seseorang bisa diambil tanpa sepengetahuan orang tersebut. Serem, kan?


Pernah ada suatu kejadian, dimana seorang teman bahkan beberapa teman lainnya sempat curhat di whatsapp grup, yang mana ia merasa shock karena tiba-tiba mendapat sejumlah tagihan dengan nominal beragam dan cukup besar, padahal ia tidak sedang melakukan pinjaman dimana pun. Dan, masih banyak lagi kejadian yang melibatkan data pribadi.


tips sukses bisnis
Hati-hati malware jika bisnis via online


Nah, jika kalian ingin tahu lebih lanjut apa itu malware serta cara mengetahui malware yang ada di piranti elektronik, kalian bisa baca ulasannya mbak Bayu Fitri mengenai Cara Mengetahui Malware dan semoga informasi tersebut bisa membantu kalian dalam membangun bisnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Traveling ke Hutan Mangrove Bengkulu

Halo. Apa rencana kalian Weekend nanti? Sudah punya rencana dan sudah tahu mau kemana? Kemana pun tujuan kalian berlibur nanti, tetap utamakan keselamatan ya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, soal weekend mau kemana, saya punya usul nih, kalau weekend-nya bisa jalan-jalan ke Hutan Mangrove Bengkulu.  Buat warga Bengkulu pasti sudah tidak asing lagi ya dengan tempat wisata yang satu ini, lokasinya berada di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu, tepatnya berada di Kampung Sejahtera setelah Dermaga 1 menuju Pelabuhan Pulau Baai. Saat tiba di lokasi, kita akan disajikan suasana hutan mangrove, dan menariknya kita juga bisa menggunakan fasilitas perahu nelayan sekitar untuk bisa mengelilingi lokasi hutan mangrove, karena katanya belumlah lengkap apabila belum mengelilingi hutan Mangrove tersebut. Tarif naik perahu nelayan terbilang murah, cukup merogoh kocek hanya Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 , kita sudah bisa menggunakan perahu untuk melihat hut

Persiapan Yang Diperlukan Jika Naik Pesawat Saat Hamil di Masa Pandemi

Menggunakan transportasi udara untuk mudik di masa pandemi tentunya bikin hati deg-degan, dan perlu persiapan yang matang, apalagi ketika sedang hamil. Sebagaimana yang Saya alami baru-baru ini. Ada beragam berkas dan hal lainnya yang mesti benar-benar dipastikan dibawa dan tidak tertinggal, karena kalau tertinggal bisa-bisa akan sulit untuk bisa berangkat hari itu, seperti yang baru-baru ini Saya alami, dimana surat keterangan hamil yang sudah Saya persiapkan justru tak tahu dimana rimbanya, padahal jelas-jelas sudah Saya satukan dengan buku pink dari puskesmas. Syukurnya dapat solusi dari petugasnya. Setelah sampai di tujuan dan iseng cek lagi, eh ternyata ada nyelip di buku pink 🥴. Persiapan Penting yang Diperlukan Selain membuat ceklist semua barang-barang yang akan dibawa, berkas-berkas pun juga mesti diceklist supaya tidak ada yang tertinggal, diantaranya: Surat Keterangan Hamil Sebelum merencanakan kepergian, ada baiknya pastikan terlebih dulu keadaan ke dokter, apakah ibu ham

Waspada Pembajakan WhatsApp dan Cara Mengatasinya

WhatsApp dibajak orang? Apa bisa? Diantara teman-teman pembaca pastinya sudah tidak asing dengan istilah "pembajakan", dan menurut KBBI jika Pembajakan merupakan kegiatan merampas barang atau hak orang lain. Dan, akhir-akhir ini sedang dihebohkan dengan pembajakan whatsApp (WA), sebagaimana yang sudah dialami oleh beberapa teman Saya.  Kejadiannya sudah berulang kali terjadi, dari laporan yang masuk ke WhatsApp Grup, jika ada seorang teman (Sebut saja si P = Pelaku) menjapri teman lainnya (Kita sebut CK = Calon Korban) dengan isi japrian meminta tolong bantuan, tentu saja meminta pinjaman sejumlah uang. Teman saya/ Calon Korban yang dimintai tolong tersebut merasa ada yang aneh dengan gaya bahasa tulisan dari si Pelaku tersebut, karena sesama teman dan kalau sangat akrab pastinya paham dengan gaya bahasa masing-masing. Karena merasa ada yang mencurigakan, akhirnya si Calon Korban mencoba untuk mengajak video call, ternyata ditolak oleh si pelaku dengan beragam alasan. Akhirny