Traveling ke Hutan Mangrove Bengkulu

Traveling ke Hutan Mangrove Bengkulu

Halo. Apa rencana kalian Weekend nanti? Sudah punya rencana dan sudah tahu mau kemana? Kemana pun tujuan kalian berlibur nanti, tetap utamakan keselamatan ya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, soal weekend mau kemana, saya punya usul nih, kalau weekend-nya bisa jalan-jalan ke Hutan Mangrove Bengkulu. 


Buat warga Bengkulu pasti sudah tidak asing lagi ya dengan tempat wisata yang satu ini, lokasinya berada di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu, tepatnya berada di Kampung Sejahtera setelah Dermaga 1 menuju Pelabuhan Pulau Baai. Saat tiba di lokasi, kita akan disajikan suasana hutan mangrove, dan menariknya kita juga bisa menggunakan fasilitas perahu nelayan sekitar untuk bisa mengelilingi lokasi hutan mangrove, karena katanya belumlah lengkap apabila belum mengelilingi hutan Mangrove tersebut. Tarif naik perahu nelayan terbilang murah, cukup merogoh kocek hanya Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000, kita sudah bisa menggunakan perahu untuk melihat hutan mangrove lebih dekat serta berselfie ria. 



Selain bisa mengelilingi hutan mangrove, kita juga bisa loh bersantai di dermaga apung dan taman sambil melihat keramaian sekitar. Pastinya seru banget ya bareng keluarga, akan tetapi enaknya kesana saat menjelang sore. Namun, jika kalian mau kesana di siang hari juga oke. Untuk menuju lokasi wisata tidak terlalu jauh dari jalan raya, dan juga tidak sulit untuk membawa kendaraan pribadi. Karena meskipun berada disekitar pemukiman warga lokal, pengunjung tetap bisa memasuki area menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. 

Wisata hutan Mangrove sangat cocok buat kalian yang ingin berlibur bersama keluarga, karena tidak hanya disuguhkan pemandangan nan elok tetapi juga kita dapat mengenalkan tumbuhan mangrove dan ekosistem air payau kepada anak-anak. Hutan mangrove itu sendiri memiliki fungsi dan keunggulan untuk lingkungan sekitar, dengan adanya hutan mangrove maka dapat membantu daratan terlindung dari abrasi, karena seperti yang tampak saat saya berkunjung kesana, masyarakat sekitar hutan mangrove berada hanya beberapa meter saja. 

Bagaimana? Makin penasaran kan pengen ajak keluarga kesana? Nah, jika kalian mau kesana, beberapa barang berikut bisa masuk list untuk dibawa saat berwisata ke Hutan Mangrove, diantaranya:

  • Payung dan tikar. 
Jika kalian kesana menjelang siang, ada baiknya membawa payung, karena untuk menghindari dari sengatan matahari. Dan tikar untuk alas duduk.

  • Bekal makan dan minuman. 

Penting dibawa karena di lokasi masih sedikit sekali pedagang, selain itu dengan membawa bekal sendiri bisa lebih menghemat pengeluaran, apalagi jika banyak anggota keluarga yang ikut.

  • Kantong kresek. 
Karena di lokasi belum begitu dijaga, jadi masih sedikit tong sampah yang saya lihat. Untuk menjaga kebersihan sekitar, ada baiknya kita membawa kantong kresek untuk menjadi tempat sampah sementara dan agar memudahkan kita dalam membawa sampah bekas makan menuju tong pembuangan.

  • Power bank. 

Penting banget nih dibawa, agar nggak kehabisan baterai handphone saat jepret-jepret di lokasi wisata. Kan sayang jika keseruan selama disana tidak diabadikan. 


Itulah beberapa perlengkapan yang saya bawa saat akan traveling, bagaimana dengan kalian? Kira-kira, perlengkapan apa aja sih yang kalian bawa saat traveling?

Komentar

  1. Iya, saya juga pernah kesana.
    Berkunjung ketempat wisata hutan mangrove memang paling seru jika mengajak keluarga. Dan bagusnya pada saat sore atau dipagi hari untuk menghindari terik matahrai

    BalasHapus
  2. Seru banget main ke hutan mangrove, aku pernahnya ke Karangsong buat kegiatan kuliah lapangan dan banyak nyamuk, huhu...


    acipah.com

    BalasHapus
  3. Bengkulu ya. Menarik sih, bisa jadi bahan pertimbangan nih jika ada kesempatan main ke daerah Bengkulu. Hehe

    BalasHapus
  4. Aku biasanya bawa tisu basah juga, sih. Namanya sama anak mesti ada aja kecelakaan yang bikin harus beberes

    BalasHapus
  5. Waah belum pernah pergi ke bengkulu. Pengin juga dong bisa traveling dan menikmati indahnya alam bengkulu dan sumatra lainnya. Aku baru sampai medan aja waktu itu. Dua kali dalam kesempatan yang Berbeda waktu roadshow buku sociopreneur

    BalasHapus
  6. Mantap ya mba Eva jalan jalan didaerahnya. Aku udah pernah juga ke tempat kayak gini di Cirebon kalau Jakarta ada di PIK nih. Nice info kak

    BalasHapus
  7. Traveling pastinya ngga boleh lupa bawa HP, kamera, tongsis, tripod, lo lo looo semua tentang content creator :D
    Bengkulu seruuu ya, banyak wisata alam yg menakjubkan.
    kapan2 mauuuk main ke sana
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  8. Mau MBA aku kesana next Kita travellingan bareng ya,,, mba Elva jd tour guide nya

    BalasHapus
  9. Iya nih kalo traveling memang kudu prepare segala barang yang dibutuhkan. Takutnya nanti di lokasi nggak ada. Kayak jajanan, minuman, tas kresek pun penting ya mbak agar tidak buang sampah sembarangan

    BalasHapus
  10. Asyik banget bisa berwisata bareng keluarga. Di mana pun lokasinya, asal bareng2 pasti asyik kok. Jadi pingin ke sini deh..

    BalasHapus
  11. Belum pernah menginjakkan kaki di Bengkulu, semoga suatu saat bisa dan sekalian menjelajah tempat wisatanya

    BalasHapus
  12. Mbak elva tambah cantik aja ya... Seneng liatnya... Hehehe aku belom pernah ke bengkulu sebelumnya...

    BalasHapus
  13. Wah iya ya kudu bawa payung dan tikar buat duduk2 santai dan ga kena sinar matahari langsung :) Romantis banget mbak dan suami hehehe :) Lama juga ya waktu ke Bengkulu? Wih, hutannya asri, semoga masyarakat ternasuk kita bisa melestarika hutan mangrove ya udah mulai langka nih kayaknya.

    BalasHapus
  14. Wahhh ini ke hutan mangrove pas edisi mudik ke Bengkulu kemarin ya mbak. Maaf ya mbak kemarin belum sempet kopdar pas ke Bengkulu

    BalasHapus
  15. wuuih senangnya bisa main di hutan mangrove. Di Surabaya juga ada nih hutan mangrove, semoga keasriannya terjaga ya

    BalasHapus
  16. Wajib banget menurutku untuk membawa bekal makanan dan minuman kalau travelling. Biar ga kelaparan dan traveling jadi menyenangkan ya :)

    BalasHapus
  17. Udah lama nih ngak Travelling bareng keluarga. Baca ini jadi pengen juga, apalagi saya belum pernah mengunjungi hutan Mangrove.

    BalasHapus
  18. Belum pernah wisata ke hutan mangrove nih dan noted nih untuk semua keperluan yang harus di bawa kalo wisata ke hutan mangrove

    BalasHapus
  19. Seru ya mba liburannya kemaren pas pulang kampung.
    Surganya perantau kalau sudah pulang kampung bertemu dengan keluarga sambil menikmati traveling dan wisata disana.

    BalasHapus
  20. Wah aku belum pernah ke Bengkulu mbak cuma lewat doang hehe. Ternyata ada hutan manggrove gini ya. Keren euy.

    BalasHapus
  21. Pengen banget main ke hutan mangroove, di sini paling deket harus ke jakarta dulu. Semoga ntar bisa main ke sana

    BalasHapus
  22. Klo travelling baws anak yg g blh lupa tu bekal makanan, kotak p3k dan mainan anak..

    BalasHapus
  23. Dedek come, bagi-bagi doang Wafer Nabati nya... hehehehee....

    BalasHapus
  24. Bengkulu itu jauh banget dari Jakarta belum pernah sampai kesana, next kalau kesempatan ke bengkulu bakal mampir ke mangrove

    BalasHapus
  25. Surabaya juga punya hutan mangrove lho Mbak. Padahal kota saya ini kan kota besar ya, hehe. Eh, saya kok malah promosi kota sendiri sih. Tapi tetap aja ya aku pengen banget bisa keluar pulau Jawa untuk keliling Indonesia, termasuk Bengkulu ini. Semoga esok ada kesempatan.

    BalasHapus
  26. Hutan mangrove di sana lumayan terjaga dan dijadikan objek wisata juga ya mbak. Emang tiap daerah khususnya yang deket pantai/ laut kudu punya hutan mangrove supaya tanahnya tercegah dari abrasi. Kalau ke sana bisa seharian ya, peralatannya lengkap jg

    BalasHapus
  27. wah udah lumayan lama aku nggak jalan-jalan begini. kalau nggak salah bengkulu ini banyak banget juga ya tempat wisatanya

    BalasHapus
  28. Belom pernah akutu k Bengkulu, dan liat ada hutan mangrove yang indah di Bengkulu ini, ku jadi pengen kesana deh next time

    BalasHapus
  29. wah, mudah banget pergi ke hutan mangrovenya. jadi pengen ikutan

    BalasHapus
  30. seru ya mba elva bisa pulkam dan jalan-jalan bareng keluarga
    sayang ga bisa ketemu lama waktu itu

    BalasHapus
  31. Jangan lupa untuk selalu peduli lingkungan dan bawa serta sampah saat akan meninggalkan hutan Mangrovenya. Kita seneng bisa jalan-jalan, alam pun ikut terjaga. Hehhe. Salam

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf jika tidak saya publish komentar yang menyertakan link.