Langsung ke konten utama

Manfaat Tidur Siang

Manfaat tidur siang


"Tidur siang dulu, yuk, Kak!" 

Sebuah kalimat yang sering ibu lontarkan saat Saya masih kecil dulu. Saat diajak tidur siang, Saya kerap menolak dan memilih bermain, meskipun saat itu siang begitu terik. Bahkan, parahnya lagi, Saya justru mengajak adik Saya untuk ikut-ikutan memilih bermain di luar ketimbang tidur siang. Pernah juga sih, nurut sama ibu untuk tidur siang, tapi saat ibu ngelonin dan beliau tertidur, eh Saya mengajak adik diam-diam ke luar untuk bermain, hahaha .... 

Namun, seiring berjalannya waktu, usia pun semakin bertambah, ibu tidak pernah lagi meminta kami untuk tidur siang, justru tanpa diminta, Saya pun sering tidur siang. Dan, dengan tidur siang secara rutin membuat tubuh lebih fresh setelahnya, bahkan lebih bugar untuk kembali melakukan aktivitas. 


Mengapa Harus Tidur Siang? 

Pertanyaan ini dulu sesekali Saya lontarkan ke ibu, namun ibu hanya menjawab supaya di malam harinya Saya lebih bersemangat untuk belajar. Hmmm, ada benarnya juga, karena Saya pernah tidak tidur siang, malamnya mata cepat lelah dan mengantuk, sehingga untuk menyiapkan buku pelajaran bahkan mengerjakan PR sekolah pun jadi tak bersemangat lagi. 

Perlu diketahui, jika tidur siang itu sangatlah bermanfaat, selain dapat memulihkan energi juga dapat meningkatkan konsentrasi. Tidur siang yang cukup tidak hanya baik untuk kesehatan fisik kita namun juga baik untuk kesehatan mental.

Tidur siang dan Manfaatnya


Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan

Ada beragam manfat tidur siang bagi kesehatan kita, diantaranya:

  • Dapat Memperbaiki Suasana Hati

Jika kamu merasa gelisah, stress, ataupun cemas, cobalah untuk tidur siang sejenak. Namun, ada waktu tertentu tidak dapat tidur siang karena diliputi kecemasan itu, maka cobalah tidur siang dengan diiringi musik relaksasi. Nah, saat stress bisa diendalikan, suasana hati pun akan lebih membaik dan dapat mengurangi risiko depresi atau gangguan mental. 

  • Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Ada sebuah riset yang menyebutkan jika rutin tidur siang dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan dalam mengolah informasi. Bahkan tidur siang dipercaya dapat mencegah pikun (demensia). 

  • Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Dipercaya atau tidak, dengan rutin tidur siang ternyata dapat menurunkan tekanan darah serta menjaganya tetap stabil. Bahkan sebuah riset menyebutkan jika seseorang rutin tidur siang dan tidur dengan cukup setiap malamnya risiko terkena hipertensi lebih rendah. 

  • Dapat Meningkatkan Konsentrasi dan Kewaspadaan

Ada sebuah riset yang menyebutkan, jika seseorang tidur siang selama 15-30 menit akan terlihat lebih bugar, segar, dan produktif daripada seseorang yang kelelahan karena bekerja.  Tidur siang yang cukup ternyata juga dapat meningkatkan kelancaran aliran darah.

  • Dapat Menghindari Diabetes

Perlu diketahui, jika kurang tidur dapat membuatmu kelebihan hormon kortisol, yang mana hormon kortisol ini merupakan hormon yang dilepaskan dalam tubuh saat sedang stress. Dan kelebihan hormon ini dapat meningkatkan lemak perut, dapat melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh serta dapat menyebabkan diabetes.


Manfaat Tidur Siang Untuk Kecantikan

Tidak hanya untuk kesehatan, tapi tidur siang juga sangat bermanfaat untuk kecantikan, diantaranya:

  • Dapat Menjaga Keseimbangan Hormon

Tidur siang secara rutin dan cukup dapat membuat hormon lebih seimbang, sebab ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai masalah kecantikan.

  • Dapat Mencegah Tanda-tanda Penuaan Pada Wajah

Dengan tidur siang secara rutin, membuat wajah kita rileks setelah seharian beraktivitas, dan ini tentunya dapat mencegah tanda-tanda penuaan dan wajah kita akan terlihat lebih bugar.

Sebuah riset menunjukkan jika seseorang kurang tidur termasuk tidur siang dapat meningkatkan tanda-tanda penuaan seperti warna kulit yang tidak merata, timbulnya kerut halus, bahkan dapat menurunnya elastisitas kulit. Akibatnya kesehatan kulit menurun inilah proses penuaan menjadi lebih cepat.


Beberapa Kondisi Yang Tidak Dianjurkan Untuk Tidur Siang

Kesulitan untuk tidur siang tentunya pernah dialami beberapa orang, yang mana disebabkan karena harus menyelesaikan pekerjaannya. Namun, pada beberapa kondisi tertentu (seperti kondisi medis) ternyata tidur siang tidak dianjurkan sebab dapat memperburuk gejala yang dialami orang tersebut, seperti diantaranya:

  • Inersia Tidur

Merupakan gangguan tidur yang dapat membuat seseorang merasa linglung dan pusing setelah bangun tidur dan akibatnya mengganggu kenyamanan saat beraktivitas. 

  • Insomnia

Pada penderita Insomnia atau seseorang yang sering susah tidur di malam hari tidak dianjurkan untuk tidur siang, itu karena tidur siang terlalu lama ataupun terlalu sering justru dapat mengganggu waktu tidur malam.


 Tips Supaya Tidur Siang Lebih Efektif

Pada kenyataannya, tidak semua orang bisa merasa nyaman saat tidur siang, bahkan sebagian orang ada yang merasa bahwa tidur siang dapat membuat tidur malam jadi lebih sulit. Akan tetapi, ada sebagian orang yang memang tidak terbiasa tidur siang. Nah, buat temans yang ingin tidur siangnya bisa lebih efektif, temans bisa lakukan beberapa hal berikut, diantara:

  • Pasanglah Alarm

Tidur siang dan bangun tepat waktu tentunya dapat membuat waktu lebih efektif dan tubuh akan terasa segar, sebab jika tidur siang telalu lama atau berlebihan ternyata justru dapat membuat badan terasa kurang fit. Ini pernah Saya alami ketika tidur siang dengan waktu yang cukup lama, justru membuat kepala saya terasa pusing dan badan terasa tidak segar atau terasa capek. Nah, setelah Saya membuat waktu tidur yang pas, tubuh pun terasa bugar dan kepala tidak pusing. Jadi, disarankan untuk tidur siang ada baiknya selama 15–20 menit saja.

Akibat tidur siang berlebihan


  • Pilihlah Waktu yang Tepat

Perlu diketahui, jika waktu untuk tidur siang yang baik antara jam 2-3 siang setelah makan siang. Tapi perlu dicatat, jika setelah makan jangan langsung tidur meskipun mata sudah sangat mengantuk, sebab bisa mengganggu kesehatan. Ini pernah Saya alami, dimana usai makan siang mata begitu berat ingin tidur, dan Saya pun akhirnya tidur, namun setelah bangun badan Saya jadi tidak segar, dada terasa agak sesak seperti ada yang menyangkut di pernapasan. Jadi, ketika usai makan siang ada baiknya tunggu ± 1 jam barulah tidur. 


Nah, itulah beberapa manfaat tidur siang. Buat temans yang ingin memperbaiki pola tidur yang berantakan, bisa banget baca ulasannya mbak Renov. Dengan menjaga pola tidur, semoga badan lebih sehat dan fit serta terhindar dari penuaan dini. Selamat mencoba!


Image: pixabay

Komentar

  1. Kalau libur aku tidur siang, pasti malamnya tidurnya susah, kalau bulan puasa tuh biasanya
    pada tidur siang dulu kalau jam istirahat, karena ga makan jadi diganti tidur siang wkwkwk.

    BalasHapus
  2. Aku sampe sekarang pun kalau lagi exhausted justru membaik usai tidur siang, kak. Cuma entah kenapa setiap tidur siang mimpinya lebih seru dibanding pas tidur malem. Sungguh aneh sekali aku

    BalasHapus
  3. Hahaha.. Samaan kyk aku waktu kecil juga suka kabur kl disuruh tidur siang. Emang bener sih malam suka cpt capek kl mau nyusun buku pelajaran dan buat PR krn sdh lelah bermain.

    BalasHapus
  4. Sewaktu kecil pukul 14:00 itu jam tidur siang. Suka nggak suka harus masuk kamar dan jendela kamar juga ditutup supaya sinar matahari nggak masuk dan saya nggak nyuri nyuri baca komik. Malamnya juga sama, pukul 20:00 harus masuk kamar dan tidur.

    Dulu sih nggak ngerti kalau anak kecil butuh tidur lebih banyak dibandingkan orang dewasa, karena berpengaruh pada pertumbuhan badan dan otak juga.

    Sekarang bisa tidur siang, biasanya kalau lagi nonton serial di weekend.

    BalasHapus
  5. Buat pertumbuhan anak-anak tidur siang nih bermanfaat sekali ya mbak karena bagus untuk metabolisme tubuh tapi kalau buat orang dewasa kayak sy kok susah ya tidur siang hehehe

    BalasHapus
  6. Aku setuju nih mbak dengan tidur siang
    . Namun utk pribadiku sendiri entah kenapa setelah tidur siang bangun2 langsung pusing. Akhirnya kebiasaan bagus itu aku hindari di hari libur

    BalasHapus
  7. setuju banget banyak sekali manfaat untuk tidur siang bahkan di negara Jepang untuk sekolah anak-anak mereka juga diwajibkan untuk tidur siang meskipun hanya 30 menit tetapi tidur siang itu baik buat kesehatan maupun juga kecantikan kan karena tubuh juga perlu istirahat asalkan jangan terlalu lama malah menjadi badan jadi lebih lemas dan tidak bergairah bawaannya males males aja jadinya

    BalasHapus
  8. Ternyata banyak juga manfaat tidur siang. Apa lagi buat anak-anak. Tapi kebiasaan saya ini kalau tidur siang, susah tidur pas malam. Mungkin insomnia ini ya. Tapi benaran gak ngantuk.

    BalasHapus
  9. Wah kalo saya tidur siangnya malah sebelum masuk waktu Dzuhur nih kak.
    Katanya Sunnah nya gitu ya..
    Jadi badan terasa enakan pas bangun.
    Apalagi pas lagi jadwal puasa Sunnah. Kalo tidur di jam tersebut ketika bangun seperti abis dapet tenaga baru.

    BalasHapus
  10. Wah ternyata manfaat tidur siang ini banyak banget ya kak, kalau saya suka tidur siang walah hanya setengah jam badan rasanya sudah fresh banget

    BalasHapus
  11. Tidur siang itu penting banget, meskipun hanya 10 menit tapi kalau nyenyak memberikan dampak yang baik, tidak hanya untuk anak-anak tetapi orang dewasa juga

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf jika tidak saya publish komentar yang menyertakan link.

Postingan populer dari blog ini

Traveling ke Hutan Mangrove Bengkulu

Halo. Apa rencana kalian Weekend nanti? Sudah punya rencana dan sudah tahu mau kemana? Kemana pun tujuan kalian berlibur nanti, tetap utamakan keselamatan ya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, soal weekend mau kemana, saya punya usul nih, kalau weekend-nya bisa jalan-jalan ke Hutan Mangrove Bengkulu.  Buat warga Bengkulu pasti sudah tidak asing lagi ya dengan tempat wisata yang satu ini, lokasinya berada di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu, tepatnya berada di Kampung Sejahtera setelah Dermaga 1 menuju Pelabuhan Pulau Baai. Saat tiba di lokasi, kita akan disajikan suasana hutan mangrove, dan menariknya kita juga bisa menggunakan fasilitas perahu nelayan sekitar untuk bisa mengelilingi lokasi hutan mangrove, karena katanya belumlah lengkap apabila belum mengelilingi hutan Mangrove tersebut. Tarif naik perahu nelayan terbilang murah, cukup merogoh kocek hanya Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 , kita sudah bisa menggunakan perahu untuk melihat hut

Tips Menambah Follower Tanpa Beli

Hai hai hai ... Assalamu'alaikum. Apa kabar nih follower instagramnya? Dan berapa nih jumlah PV Instagram Story-nya? Masih segitu-gitu aja, atau ada peningkatan?? Nah, kali ini Saya mau curhat sedikit banyak soal cara meningkatkan jumlah follower. Bukan beli ya 🤭, soalnya sayang sama duitnya, bisa buat beli cilok, buat amal bahkan buat berwakaf. Buat teman-teman yang mau ikutan berwakaf, bisa melalui link http://bawaberkah.org loh, kita pun bisa berwakaf hanya Rp. 10.000 jika melalui transfer Bank dan minimal Rp. 20.000 jika melalui Gopay transfer. Asiknya, Kita bisa melakukan transferan yang menurut kita nyaman. Dan pahala pun kita dapatkan, Insyaa Allah asal ikhlas ya. Aamiin. Memang sih teknik beli follower bisa meningkatkan jumlah followers kita, apalagi rata-rata beberapa job menginginkan akun yang jumlah followernya gede, ada yang lima rebu, sepuluh rebu bahkan ada yang sudah mencapai ratusan ribu. Uwoww, kalau permintaan udah segitu dan kitanya belum memenuhi targ

Pentingnya Menjaga Pola Makan Agar Tubuh Tetap Sehat

Sehat. Siapa sih, yang tidak ingin tubuhnya sehat? Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Memiliki tubuh yang sehat, tentunya akan memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, namun ketika tubuh kita lemah, maka hal itu tentunya akan sangat menghambat  semua aktivitas, seperti misalnya ketika hari ini masuk sekolah, namun kalian sedang jatuh sakit, tentunya akan sangat memberatkan, hingga akhirnya mengharuskan kalian untuk ijin tidak masuk sekolah terlebih dahulu, dan harus ketinggalan pelajaran pula. Huuuuuu sedih syekalehh.  Nah, salah satu hal yang dapat membuat kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit adalah dengan menjaga pola makan. Mengingat betapa pentingnya dalam menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat, aku punya tips-tipsnya nih, langsung aja yuks simak. Cekidot!  Jangan tinggalkan sarapan. Sarapan tentunya sangat penting untuk tubuh kita, dengan sarapan tubuh kita akan memili