Langsung ke konten utama

Cara Mengobati Penyakit Kelenjar di Leher Secara Tradisional

 

Cara mengobati penyakit kelenjar
Pict. Pixabay

Tepatnya beberapa tahun yang silam, ada benjolan cukup kecil di leher ibu, yang entah mengapa semakin lama semakin membesar dan itu membuat ibu menjadi panik dan mencari berbagai cara untuk mengobatinya. Karena benjolan di leher makin membesar, akhirnya ibu pun ke puskesmas untuk mengobati lehernya, namun alhasil dokter menyarankan untuk dioperasi, sebab penyakit yang dialami ibu adalah penyakit kelenjar getah bening. Karena keterbatasan biaya untuk operasi, akhirnya ibu pasrah dengan benjolan di leher yang kian hari kian membesar. Namun, ibu tak putus asa untuk mencari cara mengobatinya. 


Tak lama kemudian, kami pun mendapat kabar jika salah seorang anak tetangga juga mengalami penyakit yang sama. Namun, tak lama ia langsung dibawa kedua orangtuanya ke salah satu Rumah Sakit di Jakarta untuk melakukan tindakan operasi. Setelah operasi, benjolan tersebut memang sudah tidak tampak, namun tidak lama kemudian terdengar kabar jika dia kembali ke jakarta untuk operasi penyakit kelenjar yang kedua. 


Balik lagi ke cerita ibu, alhamdulillah akhirnya ibu mendapat pencerahan dari salah seorang keluarga (Saya memanggilnya Uwak), mengenai bagaimana cara mengobati benjolan di leher ibu yang kian membesar itu, info tersebut ibu dapatkan setelah menceritakan  sakitnya ke uwak ketika uwak datang bersilaturahmi ke rumah dan melihat ada benjolan di leher ibu. 


Sebelum ke tahap ulasan bahan dan bagaimana cara mengobatinya, cari tahu dulu yuk apa itu penyakit kelenjar getah bening. 😊


Apa Itu Kelenjar Getah Bening? 

FYI!  Kelenjar getah bening merupakan kelenjar yang ada di dalam bagian tubuh manusia, yang memiliki bentuk bulat dan dilingkupi oleh kapsul jaringan ikat. Dalam kondisi normal, kelenjar ini berperan sebagai penyaring cairan limfa (atau getah bening) manusia yang akan beredar ke seluruh tubuh dan tentunya melalui pembuluh limfa. Pada kondisi abnormal, kelenjar ini dapat menimbulkan adanya pembengkakan (bisa di leher, ketiak, bahkan di sela paha) dimana pembengkakan kelenjar getah bening merupakan sebuah kondisi terjadinya pembengkakan pada bagian tersebut, yang diakibatkan adanya penggumpalan jaringan kecil di dalamnya.


Sebagaimana yang dilansir dari Mayo Clinic, menyatakan jika penyebab kelenjar getah bening bengkak yang paling umum adalah infeksi, terutama infeksi virus dan bakteri. Dan tentunya ini tidak boleh disepelekan. 


Sebenarnya, kelenjar getah bening ini berperan dalam membentuk kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan sel kanker. Akan tetapi, ketika seseorang tersebut sakit, maka kelenjar getah bening biasanya akan membesar untuk menyerang penyebab infeksi tersebut. 


Beberapa Penyebab Lain Munculnya Benjolan di Leher

Selain karena infeksi gigi dan tenggorokan, campak, TBC, sifilis bahkan lupus, penyebab munculnya bengkak di bagian leher itu karena beberapa penyebab berikut, diantaranya:

  • Batu di Kelenjar Ludah

Perlu diketahui, jika bahan kimia yang terdapat dalam air liur terkadang dapat mengendap dan membentuk batu kecil yang mana batu tersebutlah yang dapat menyumbat aliran air liur ke dalam mulut. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan benjolan di leher.


  • Pembengkakan kelenjar tiroid

FYI! Dari yang Saya kutip di web alodokter, menerangkan jika kelenjar ini mirip kupu-kupu dan berada di leher dan tepat di depan tenggorokan. Kelenjar tiroid ini biasanya tidak terlihat, akan tetapi karena beberapa sebab kemudian kelenjar dapat membengkak dan menimbulkan benjolan di leher yang kerap disebut gondok, dan pembengkakan ini bisa disebabkan beberapa hal diantaranya karena kekurangan yodium, kanker tiroid, kelenjar terlalu atau kurang aktif.


Apa Saja Gejalanya?

Jika ada benjolan di leher, maka ingin mengetahui apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak, dapat dikenali dengan kriteria berikut:

  • Terasa mengeras atau tidak bergerak ketika disentuh.
  • Tak kunjung mengecil hingga lebih dari sebulan.
  • Diiringi sesak napas, nyeri dan sulit menelan, penurunan berat badan, demam, peningkatan denyut jantung, suara serak, adanya darah pada air liur, ataupun adanya perubahan kulit di sekitar benjolan


Nah, buat kalian yang mengalami penyakit serupa (yakni penyakit kelenjar getah bening), bisa banget mencoba mengobati dengan cara tradisional bisa lakukan cara berikut

  • 1. Bahan

Sediakan bahan yang diperlukan seperti 1 ekor Kumbang (gunakan kumbang yang suka melubangi kayu atap rumah), bunga senduduk/ senggani, minyak kelapa hijau secukupnya.


Bunga senggani obati penyakit kelenjar
Bunga senggani/ senduduk (Pict. Pixabay) 

Tips mengobati sakit kelenjar
Pixt. arafuru(dot)com


2. Cara membuat

Panggang kumbang dan bunga senduduk/ senggani pada wadah hingga menjadi abu. Setelah menjadi abu, pindahkan ke dalam wadah lainnya lalu tuang minyak kelapa hijau secukupnya dan aduk hingga merata. 


  • 3. Cara penggunaan

Oleskan ke bagian leher yang bengkak (atau anggota tubuh yang bengkak karena penyakit kelenjar) secara merata. Dan oleskan dua kali sehari setiap hari sampai bengkaknya benar-benar hilang. 


Nah, itulah cara tradisional yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit kelenjar. Semoga cara yang sudah dipaparkan tersebut dapat bermanfaat bagi pembaca. Ingat! Kesehatan itu sangat penting, namun jika sudah waktunya sakit, ya kita tetaplah berusaha mengobatinya, apalagi saat ini cuaca sedang tidak bersahabat bahkan pandemi masih terjadi. Di situasi seperti sekarang ini kita mesti perbanyak mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan perbanyak membaca buku tentang dunia kesehatan. Atau bisa juga berkunjung ke tulisannya Mbak Inna buat cari referensi mengenai cara membuang racun dalam tubuh yang tentunya akan sangat bermanfaat.

Komentar

  1. Wah aku baru tahu ternyata kumbang bisa buat obat kelenjar getah bening. Btw makasih infonya ya mbak ☺

    BalasHapus
  2. Wah kak elva, tipsnya keren banget nih. Iya beberapa yang operasi kelenjar getah bening biasa sampai operasi 2-3 Kali ya bahkan sampai Ada yang meninggal. Duh penyakit zaman sekarang menakutkan banget sih memang ya kak

    BalasHapus
  3. Kelenjar getah bening ini termasuk penyakit autoimun bukan sih mbak? Jika mencoba pengobatan tradisional ini, apakah obat masih harus terus dilanjut kah?

    BalasHapus
  4. Mba, suamiku ada kelenjar nih di tenggorokannya atau leher/ Saya coba ya tipsnya . Makasih mba

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf jika tidak saya publish komentar yang menyertakan link.

Postingan populer dari blog ini

Traveling ke Hutan Mangrove Bengkulu

Halo. Apa rencana kalian Weekend nanti? Sudah punya rencana dan sudah tahu mau kemana? Kemana pun tujuan kalian berlibur nanti, tetap utamakan keselamatan ya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, soal weekend mau kemana, saya punya usul nih, kalau weekend-nya bisa jalan-jalan ke Hutan Mangrove Bengkulu.  Buat warga Bengkulu pasti sudah tidak asing lagi ya dengan tempat wisata yang satu ini, lokasinya berada di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu, tepatnya berada di Kampung Sejahtera setelah Dermaga 1 menuju Pelabuhan Pulau Baai. Saat tiba di lokasi, kita akan disajikan suasana hutan mangrove, dan menariknya kita juga bisa menggunakan fasilitas perahu nelayan sekitar untuk bisa mengelilingi lokasi hutan mangrove, karena katanya belumlah lengkap apabila belum mengelilingi hutan Mangrove tersebut. Tarif naik perahu nelayan terbilang murah, cukup merogoh kocek hanya Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 , kita sudah bisa menggunakan perahu untuk melihat hut

Persiapan Yang Diperlukan Jika Naik Pesawat Saat Hamil di Masa Pandemi

Menggunakan transportasi udara untuk mudik di masa pandemi tentunya bikin hati deg-degan, dan perlu persiapan yang matang, apalagi ketika sedang hamil. Sebagaimana yang Saya alami baru-baru ini. Ada beragam berkas dan hal lainnya yang mesti benar-benar dipastikan dibawa dan tidak tertinggal, karena kalau tertinggal bisa-bisa akan sulit untuk bisa berangkat hari itu, seperti yang baru-baru ini Saya alami, dimana surat keterangan hamil yang sudah Saya persiapkan justru tak tahu dimana rimbanya, padahal jelas-jelas sudah Saya satukan dengan buku pink dari puskesmas. Syukurnya dapat solusi dari petugasnya. Setelah sampai di tujuan dan iseng cek lagi, eh ternyata ada nyelip di buku pink 🥴. Persiapan Penting yang Diperlukan Selain membuat ceklist semua barang-barang yang akan dibawa, berkas-berkas pun juga mesti diceklist supaya tidak ada yang tertinggal, diantaranya: Surat Keterangan Hamil Sebelum merencanakan kepergian, ada baiknya pastikan terlebih dulu keadaan ke dokter, apakah ibu ham

Waspada Pembajakan WhatsApp dan Cara Mengatasinya

WhatsApp dibajak orang? Apa bisa? Diantara teman-teman pembaca pastinya sudah tidak asing dengan istilah "pembajakan", dan menurut KBBI jika Pembajakan merupakan kegiatan merampas barang atau hak orang lain. Dan, akhir-akhir ini sedang dihebohkan dengan pembajakan whatsApp (WA), sebagaimana yang sudah dialami oleh beberapa teman Saya.  Kejadiannya sudah berulang kali terjadi, dari laporan yang masuk ke WhatsApp Grup, jika ada seorang teman (Sebut saja si P = Pelaku) menjapri teman lainnya (Kita sebut CK = Calon Korban) dengan isi japrian meminta tolong bantuan, tentu saja meminta pinjaman sejumlah uang. Teman saya/ Calon Korban yang dimintai tolong tersebut merasa ada yang aneh dengan gaya bahasa tulisan dari si Pelaku tersebut, karena sesama teman dan kalau sangat akrab pastinya paham dengan gaya bahasa masing-masing. Karena merasa ada yang mencurigakan, akhirnya si Calon Korban mencoba untuk mengajak video call, ternyata ditolak oleh si pelaku dengan beragam alasan. Akhirny