Langsung ke konten utama

Insto Dry Eyes, Solusinya Mata Kering

Insto Dry Eyes, Solusinya Mata Kering

Kemana-mana mesti bawa Insto Dry Eyes. Obat tetes mata yang biasa Saya gunakan untuk atasi mata kering akibat terlalu lama terpapar layar smartphone. Sejak memutuskan mencari penghasilan lain selain menulis di beberapa platform, yakni menjadi admin sebuah management, tentu saja saya semakin lama bersentuhan dengan smartphone, bisa dibilang selama 24 jam hanya 9 jam mata beristirahat.

Apalagi ada job dadakan, sayang donk dilepas begitu saja, kan lumayan duitnya buat jajan anak dan menambah kebutuhan dapur. Tapi ya itu resikonya, mata jadi makin lama menatap layar karena mesti cek spreadsheet hasil kerjaan satu per satu, belum lagi ada deadline tulisan yang sudah mepet harus disetor, ditambah terpapar kipas angin saat proses pengerjaan deadline dan pengecekan karena akhir-akhir ini cuaca begitu panas, alhasil membuat mata makin perih bahkan pegel. Mata juga jadi mengalami sepet luar biasa akibat kurang tidur.

Andai mata bisa berteriak, pastilah dia minta tolong. Tapi ya, mau gimana lagi, karena peluang job juga tidak datang setiap hari.

Jaga Mata Karena Kita Bukanlah Pangeran Bandung Bondowoso

Tidak hanya Saya, kamu pun pasti pernah berada di pilihan yang mengharuskan mengerjakan pekerjaan yang sudah akan mepet deadline, orang bilang 'Proyek Roro Jonggrang' seperti yang dilakukan oleh Pangeran Bandung Bondowoso. Kalau Pangeran Bandung Bondowoso sih bisa saja dia menyelesaikan 999 candi dari seribu candi yang diminta dibuatkan dalam semalam karena dia sakti, jadi enggak bakal mengalami yang namanya mata sepet akibat kurang tidur, lah kita yang hanya manusia biasa, lewat satu jam dari jam tidur malam biasa aja udah bikin mata perih, lelah bahkan sampai sepet. Jadi, jangan terus-terusan deh.

Kenali Penyebab Mata Kering

Durasi menatap layar smartphone menjadi salah satu penyebab mata kering yang Saya alami. Terlebih kalau sudah diuber-uber deadline, jangankan untuk mengajak mata beristirahat dengan durasi yang disarankan dokter (15 menit setiap 2 jam sekali), 5 menit saja sudah untung-untungan. Dan, ternyata penyebab mata kering masih banyak yang tanpa kita sadari ditimbulkan dari aktivitas sehari-hari.

Penyebab mata kering

  • 1. Durasi Menatap Layar.
Kalau menatap layar hanya 5-10 menit sih mungkin masih oke untuk terhindar dari mata kering, tapi enggak buat pekerja online kayak Saya, yang bisa berjam-jam menatap layar smartphone dan itu bisa setiap hari.

  • 2. Kondisi Lingkungan (AC, Polusi, atau Udara Panas).
Di rumah memang tidak menggunakan AC, namun menggunakan kipas angin. Sudahlah menatap layar smartphone cukup lama, ditambah terpapar kipas angin yang menyala setiap hari akibat udara panas, lengkaplah sudah menjadi penyebab mata kering yang Saya alami.

  • 3. Perubahan Hormon.
Perlu diketahui, jika hormon merangsang produksi air mata. Perubahan hormon bisa meningkatkan risiko mengalami mata kering, dan umumnya dialami oleh wanita hamil, dan perubahan akan terus terjadi bahkan setelah melahirkan dan menyusui, juga pada wanita yang menggunakan pil KB ataupun yang sudah menopause.

  • 4. Faktor Usia.
Akhir-akhir ini ibuku sering cerita kalau matanya mulai terasa perih dan sepet, padahal ibu yang notabene hampir tidak pernah terpapar smartphone apalagi dalam durasi yang lama pun mengalami mata kering. Ternyata, mata kering sering dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia, apalagi usia ibu sudah memasuki angka 50-an.

  • 5. Kondisi Medis.
Mengonsumsi obat-obatan tertentu dan menderita penyakit seperti diabetes, Rheumatoid arthritis, Lupus, Skleroderma, Sindrom Sjogren, Gangguan tiroid, Bell’s palsy, Alergi, Dermatitis kontak, HIV bahkan Kekurangan vitamin A bisa mengalami mata kering loh.

  • 6. Faktor Lingkungan dan Aktivitas.
Perlu diketahui, jika faktor lingkungan seperti debu, asap, angin, matahari, tiupan angin panas, cuaca kering atau berada di tempat yang tinggi menjadi faktor yang bisa memperparah kondisi mata kering. Selain itu, aktivitas seperti membaca bahkan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi visual lainnya akan cenderung membuat mata akan lebih jarang berkedip, sehingga mata pun jadi kering.

  • 7. Penggunaan Lensa Kontak (softlens).
Nah, buat yang memakai softlens mesti berhati-hati, karena tidak sedikit orang yang mengalami mata kering karena penggunaan lensa kontak (softlens), sebab softlens dapat mengganggu lapisan air mata yang sebenarnya berfungsi untuk melindungi permukaan mata.

Gejala Mata Kering

Sebenarnya, sewaktu beraktivitas - entah itu di dalam maupun luar ruangan - sama-sama memiliki risiko yang dapat membuat mata menjadi kering. Namun, jika tahu gejalanya, setidaknya kita bisa langsung mengatasinya. Gejala-gejala mata kering, diantaranya:
1. Mata pegel
2. Mata sepet
3. Mata Kering

Insto Dry Eyes solusi mata kering

Nah, dari ketiga gejala tersebut, udah pernah ngerasain yang mana? Segera ditangani, karena kalau dibiarkan bisa berbahaya loh.

Mata Kering dan Bahaya yang Mengintai

For your information! Mata kering, atau sindrom mata kering, merupakan kondisi di mana mata tidak dapat menghasilkan atau mempertahankan cukup air mata untuk menjaga kelembaban dan kenyamanan mata. Emang sih, mata kering awalnya mungkin tidak akan menyebabkan kondisi serius, tapi wajib tahu jika dibiarkan maka lama kelamaan akan terjadi komplikasi lebih berat loh. Dan, berikut beberapa bahaya dan dampak yang dapat terjadi akibat mata kering:
  • Ketidaknyamanan dan Gangguan Penglihatan. Mata kering dapat menyebabkan sensasi seperti gatal, terbakar, dan mata terasa berat. Ini dapat mengganggu kenyamanan sehari-hari dan berpotensi mengganggu penglihatan.
  • Iritasi dan Peradangan. Kurangnya air mata dapat menyebabkan iritasi pada permukaan mata, menyebabkan peradangan. Ini dapat membuat mata terlihat merah dan terasa tidak nyaman.
  • Kerusakan Permukaan Mata. Air mata memiliki peran penting dalam melindungi dan menjaga kesehatan permukaan mata. Mata kering dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan luar mata, yang dapat berujung pada penyakit mata serius.
  • Sensitivitas Terhadap Cahaya. Mata kering dapat meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya, yang dapat menyulitkan beraktivitas di bawah sinar matahari terang atau cahaya lampu yang terang.
  • Gangguan pada Kornea. Kornea, bagian luar mata yang jernih, dapat mengalami kerusakan akibat mata kering. Hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi dan mengganggu penglihatan.
  • Pengaruh Aktivitas Sehari-hari. Mata kering dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seperti membaca, menonton TV, atau menggunakan komputer karena kelelahan mata dan kesulitan berkonsentrasi.
  • Peningkatan Risiko Infeksi. Karena mata kering dapat merusak lapisan pelindung mata, risiko infeksi seperti konjungtivitis (peradangan konjungtiva) dapat meningkat.
  • Efek pada Kualitas Hidup. Mata kering dapat mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan karena gejalanya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan kenyamanan.

Solusi Mata Kering

Seperti kata pepatah, setiap ada masalah pasti ada solusinya. Nah, kalau mata sudah mengalami gejala seperti sepet, pegel bahkan sampai kering jangan sampai diabaikan, apalagi menguceknya karena itu bukanlah solusi, justru malah membuat mata makin perih. Nah, sebagai solusinya segeralah teteskan Insto Dry Eyes cukup 1-2 tetes saja pada setiap mata yang kering. Dan, enggak perlu khawatir karena Insto Dry Eyes mengandung Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) yang berfungsi sebagai pelembab mata dan tidak menyebabkan ketergantungan.

Solusi mata kering


Kesimpulan

By the way, meskipun #InstoDryEyes #SolusiMataKering ini bisa dibeli bebas di apotek bahkan di toko, namun obat tetes mata ini termasuk obat keras yagesya, dan penggunaannya harus sesuai aturan. Tidak boleh digunakan secara rutin untuk jangka panjang, cukup gunakan saat mata mengalami gejala mata kering.

Selain itu, jika memungkinkan hindari paparan langsung terhadap udara kering atau angin, istirahatkan mata dari layar dengan aturan setiap 20 menit fokus pada objek yang berjarak 20 kaki selama 20 detik, hingga perbanyak asupan cairan.


Referensi:

https://hellosehat.com/mata/mata-lainnya/penyebab-mata-kering-dan-cara-mengatasi/

https://www.alodokter.com/waspadai-stres-mata-akibat-pemakaian-gadget-dan-laptop

https://www.orami.co.id/magazine/bahaya-jangan-biarkan-mata-kering-ini-akibat-yang-bisa-diderita

https://lifepack.id/hydroxypropyl-methylcellulose-hpmc/

Komentar

  1. bacaan bagus nih buat mas Joko biar dia juga bisa jaga mata g hny kerja dan kerja terus aja kak, mentang2 kerja di rumah kadang itu seenaknya sendiri padahal mata kan tetap kudu dijaga ya

    BalasHapus
  2. Kondisi mata kering sangat gak nyaman ya mbak. Apalagi kalau sudah mulai sepet. Itu yang aku alami dan cukup mengganggu
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  3. Jika terlalu lama diforsir untuk menatap layar laptop ataupun hape, mata memang berasa sepet dan pegel banget tuh. Sebaiknya atur screen time, istirahat bagi mata yang cukup dan beri tetes mata Insto Dry Eyes agar mata kembali segar.

    BalasHapus
  4. Nah beneran nih mbak, insto jadi wajib dibawa kemana-mana biar bisa segera atasu gangguan nata perih. Debu seringkali merusak suasana happy-happy kita. Aku suka judul tulisan bukan pangeran bandung bondowoso. Bikin ngakak

    BalasHapus
  5. Efek buruk mata kering serem juga ya, memang sebaiknya segera diatasi, untung insto dry eyes bisa membantu mengatasinya

    BalasHapus
  6. Faktor usia sebagai penyebab mata kering memang nggak bisa dikendalikan. Tapi kita masih bisa meminimalkan faktor penyebab lainnya. Termasuk selalu sedia Insto Dry Eyes.

    BalasHapus
  7. Biasanya ketika mengalami kondisi mata kering memberika sensasi tidak nyaman dan tdk jarang aktivitas dikeseharian seperti terlalu lama menatap layar menjadi penyebabnya. Untungnya selalu sedia Insto untuk menstimulasi dan menghidrasi mata

    BalasHapus
  8. Wah penyebab mata kering ternyata banyak sekali ya kak. Mayoritas emg krn kerjaan sih ya di depan layar yang memantulkan cahaya. Plus emg usia kita udh senja wkwk. Ga sih.

    Tp solusinya ttp satu, Insto Dry Eyes. Wajib ada di kotak P3K.

    BalasHapus
  9. Kalau mata udah ada gangguan apalagi sampai kering, wuah bakal gak nyaman banget dalam melihat. Kerjaan pun bisa terhambat ya mbak El, perlu Insto nih buat mengatasinya

    BalasHapus
  10. iyah aku dan suami juga selalu siap sedia instro ini.. kita berdua kerjaannya depan layar gadget mulu.. udah gt suami pake kacamata.. jd wajib punya

    BalasHapus
  11. Aku stok ini di rumah merasa banget kalau mata sudah pegal aku berhenti dulu di depan laptop atau pegang HP Jadi aku pakai juga Insto di rumah

    BalasHapus
  12. Wah Insto ini cocok banget buat saya yang matanya sering kering gara-gara sering banget di lapangan dan bekerja depan laptop juga sampai berjam-jam, jadi wajib banget untuk pakai pelindung mata ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga kak,
      mata harus dilindungi dengan baik deh, jangan sampai kering

      Hapus
  13. Mata kering ini walaupun awalnya bukan masalah serius bisa jadi mengganggu kegiatan sehari-hari ya kak, kalau yang sering bekerja di hadapan layar harus aware nih soal bahayanya dan cara mengatasinya

    BalasHapus
  14. Saya sempat beberapa kali mengalami gak enaknya mata kering. Apalagi setelah ngejar dateline tulisan. Efeknya gak cuma perih di mata, tapi juga mata berkunang-kunang dan sakit kepala. Untung saya selalu stok INSTO DRY EYES ini di kotak obat. Jadi bisa langsung diobati dan segar kembali.

    BalasHapus
  15. Saya pun selalu membawa Insto Dry Eyes kemana pun pergi
    Termasuk menyimpan di sekitar meja
    Karena mata sering sepet akibat kelamaan di depan laptop
    Dengan Insto Dy Eyes, mata kembali nyaman

    BalasHapus
  16. Mata kering kalau udah pedes dan perih, harus dikompres pakai kapas ditutup lalu tidur. Bagusnya lagi kompresnya pakai Insto Dry Eyes dulu kak

    BalasHapus
  17. insto dry eye cocok buat blogger kayak aku. Seringnya juga mengalami beberapa gejala diatas, Untung dirumah juga sudah ada persediannya insto dry eye

    BalasHapus
  18. "Tahu bulat" alias job dadakan memang perlu pengerjaan segera sampai lupa istirahat nih mata. Kalau ada insto enak banget tinggal ditetesin aja.

    BalasHapus
  19. Intinya nih mata kering gak boleh didiemin ya mba harus segera diatasi...pakai insto dry eyes pilihan yg tepat untuk mengatasinya

    BalasHapus
  20. Jadi penyebab mata kering tuh bukan cuma karena terlalu lama di depan gadget ya.
    Insto dry eyes, sepertinya juga bakal jadi bawaan wajib untuk banyak orang nih, biar mata nggak kering

    BalasHapus
  21. emang tepat Insto Dry Eyes selalu masuk tas, biar kalau pas mata kering nggak ganggu aktifitas. Apalagi sering antar jemput anak, di rumah sering natap layar, jadi Insto Dry Eyes mengatasi masalah mata kering.

    BalasHapus
  22. Mata kering , lelah dan pegel kalau di saya pasti ujungnya bikin pusing deh. Memang sebaiknya kita jangan sepelekan ya mbak karena mata itu aset untuk saya yang blogger, hehehe

    BalasHapus
  23. saya pernah merasakan kondisi mata stress, dimana membuka mata saja rasanya sulit, bukan karena malas, tapi ada sensasi pedih, berat untuk melihat dll, dan itu memang mengganggu produktivitas banget. insto dry eyes bisa jadi solusi pertolongan pertama dengan kondisi mata kering seprti itu

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf jika tidak saya publish komentar yang menyertakan link.

Postingan populer dari blog ini

Review Salah Satu Karya Cerpen dari Kumpulan Cerpen Garwa: Sigaraning Nyawa

Halo sobatq, siapa diantara kalian yang suka membaca cerpen, novel dan buku lainnya? Kalau Saya suka banget, dan alhamdulillah sudah beberapa buku antologi cerpen dan puisi yang salah satunya terdapat karya Saya. Seperti baru-baru ini, Saya bersama teman-teman penulis dari berbagai latar, hingga berbagai daerah telah berhasil membukukan karya setelah mengikuti kelas KMO Batch 26 kelompok 11 beberapa waktu lalu. Kumpulan cerpen tersebut kami beri judul Garwa: Sigaraning Nyawa. Jadi, Garwa ini sering dipahami dengan “Sigaraning Nyawa” yang artinya belahan nyawa atau belahan jiwa. Yang tentunya memiliki makna jika istri adalah belahan jiwa bagi suaminya. Oiya, hampir terlupa. KMO atau Komunitas Menulis Online ini kerap mengadakan kelas belajar secara online loh. Dan, ketika nama kita terdaftar, kita akan di add di whatsapp grup dan grup khusus telegram. Tapi, ada tantangannya setelah kelas berjalan, dan tugas harus dikerjakan sesuai deadline yang diberikan. Jika sebanyak 3 kali kita tidak

Menata Hati Dalam Meraih Mimpi Setelah Tertipu Modus Endorse Bersama ASUS OLED

Kronologi Kejadian Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih. "Ayuk, ada job posting di Instagram, minfoll, fee + reimburse. Mau gak?" "Iya, mau." "Ini link WAG-nya, gabunglah!" "Ok!" Seperti biasa, jika ada informasi job adikku akan share via japri di WhatsApp , begitu pula sebaliknya jika ada info job yang Saya dapatkan maka akan Saya share juga ke dia. Setelah akhirnya berhasil masuk grup, Saya pun tidak langsung mendaftarkan diri namun masih melihat situasi, "Apakah benar akan di reimburse ?"  Beberapa menit kemudian grup sudah dipenuhi dengan chat - teman termasuk adikku - yang sudah mulai melakukan pemesanan, mulai dari jenis pesanan (scarf/pasmina, tunik, gamis, Koko + sarung, sarimbit couple hingga sarimbit keluarga), ukuran yang dipesan, hingga segala macam prosedur yang meyakinkan jika campaign ini memang benar adanya, bukan tipu-tipu. Terlebih yang menjadi penanggung jawab di grup juga seorang teman satu profesi (di g