Langsung ke konten utama

Pentingnya Menjaga Pola Makan Agar Tubuh Tetap Sehat


Sehat. Siapa sih, yang tidak ingin tubuhnya sehat? Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Memiliki tubuh yang sehat, tentunya akan memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, namun ketika tubuh kita lemah, maka hal itu tentunya akan sangat menghambat  semua aktivitas, seperti misalnya ketika hari ini masuk sekolah, namun kalian sedang jatuh sakit, tentunya akan sangat memberatkan, hingga akhirnya mengharuskan kalian untuk ijin tidak masuk sekolah terlebih dahulu, dan harus ketinggalan pelajaran pula. Huuuuuu sedih syekalehh. 

Nah, salah satu hal yang dapat membuat kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit adalah dengan menjaga pola makan. Mengingat betapa pentingnya dalam menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat, aku punya tips-tipsnya nih, langsung aja yuks simak. Cekidot! 

Jangan tinggalkan sarapan.


Sarapan tentunya sangat penting untuk tubuh kita, dengan sarapan tubuh kita akan memiliki energi, sehingga tubuh tetap bugar dan fit ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, ketika kita meninggalkan kegiatan sarapan, maka dampaknya adalah tubuh akan lesu dan kurang fit, karena kekurangan energi. Nah, maka dari itu betapa pentingnya sarapan untuk mengawali hari sebelum beraktivitas. 

Perbanyak minum air putih.


Seperti yang kita ketahui, jika sebagian tubuh manusia tersusun oleh air, maka dari itu kita wajib memastikan bahwa tubuh tidak kekurangan cairan, tentu saja dengan rutin mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari. 

Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur.


Kita tahu bahwa buah dan sayur adalah makanan yang memiliki seribu manfaat. Buah dan sayur mengandung berbagai nutrisi dan serat yang sangat baik bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin, tubuh akan menjadi bugar dan terasa lebih segar. 

Hindarilah makanan rendah gizi 

Kebiasaan buruk masyarakat Indonesia salah satunya adalah gemar sekali mengkonsumsi makanan yang rendah gizi, seperti makanan instan dan gorengan. Tidak bisa dipungkiri, memang makanan tersebut sangat lezat dan nikmat, namun perlu diperhatikan bahwa makanan semacam itu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita. Oleh karena itu, hindarilah makan-makanan yang rendah gizi tersebut, agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. 

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang baik 

Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak juga diperlukan sesekali untuk tubuh. Namun, kita harus cerdas dalam memilih, apakah lemak tersebut baik bagi tubuh atau sebaliknya. Lemak yang mengandung omega 3, sangat baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah menjaga kesehatan jantung dan mencegah penurunan kerja otak.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai Pentingnya Menjaga Pola Makan Agar Tubuh Tetap Sehat. Yuk, Kita memulai hidup sehat, dengan menjaga pola makan dari sekarang ! 
Salam tubuh sehat! ☺

Noted: Pictures by Pixabay.

Komentar

  1. Saya lagi coba nih mengubah pola makan saya ke pola makan sehat. Semoga bisa turun BB yaaa kalau dah ikitin pola hidup sehat itu.

    BalasHapus
  2. Sarapan ga pernah aku tinggalkan lho, selama masih bisa terkejar hihihi. Soalnya tiap keluar rumah perutku mesti diisi, meskipun hanya selembar roti tawar misalnya, gara2 terbirit2. Rasanya lemah lesu kalau ga makan pagi, ada yg hilang. Sayur kadang2 biasanya apel. Kalau sayuran aku demen capcay. Susu jarang2 hihihihi.

    BalasHapus
  3. Makanya kalau ada yang.jadi ribet sama badan dan kesehatan karena awalnya udah kebablasan urusan makan hahaha

    BalasHapus
  4. Aku nih masih suka ketinggalan sarapan, seringnya malah Brunch, padahal sedang menyusui dan perlu asupan sehat yang mencukupi demi kelancaran ASI juga. Kesehatan itu nomor satu banget deh ya, kalau udah sakit baru terasa susah ngapa2in, apalagi kaum Buibu, pasti langsung kepikiran Anak2nya (curcol deh, haha).

    BalasHapus
  5. Aku kayaknya harus banyak minum air putih deh. Belakangan udah mulai jaga makanan dan minuman. SMoga sllau sehat. Aamiin

    BalasHapus
  6. Aku sedang berusaha menerapkan tips-tips di atas nih. Semoga aja ya bisa konsisten supaya hidup sehar terus.

    BalasHapus
  7. Aku masih suka telat sarapan nih, biasanya sekalian di rapel masuk jam coffee break. Baiklah, sekarang harus dipaksakan. Terimakasih remindernya

    BalasHapus
  8. Pola makan aku masih berantakan nih. Meskipun sdh mulai mengurangi fastfood dan juncfood tp aku blm bs bye bye sama mie ayam dan cetaim wkwkwk. Hrs diniatin sih utk hidup sehat itu

    BalasHapus
  9. Penging banget ya menjaga pola makan sehat karena kesehatan itu adalah investasi harta tak terkira untuk masa tua

    BalasHapus
  10. Sepakat banget mbak pola makan harus berubah biar tetep sehat. Aku begitu minum sachet an kopi, makan berlemak dan ga teratur, langsung deh radang tenggorokan dan sariawan. Hiks. Tapi kalau makan bener, banyak buah, ya sehat selalu insyaallah, jadi ga gampang ketularan sakit

    BalasHapus
  11. Salam tubuh sehat mbak. Keren dech ulasannya.

    BalasHapus
  12. Aku sedang mencoba pola makan sehat. Awal selalu semangat selanjutnya molor 😁 kadang suke sebel sendiri. Cita2 tinggi banget pengen badan bagus, tapi doyan ngemil 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  13. Aku termasuk orang yang jarang sarapan loh, kecuali malamnya aku ga makan malam , maka paginya harus sarapan agar tidak oleng

    BalasHapus
  14. Kak Aku biasa jarang sarapan makan nanti jam 11 sekalian makan siang, wkwkwk jadi remainder banget nih trims ya kak

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf jika tidak saya publish komentar yang menyertakan link.

Postingan populer dari blog ini

Traveling ke Hutan Mangrove Bengkulu

Halo. Apa rencana kalian Weekend nanti? Sudah punya rencana dan sudah tahu mau kemana? Kemana pun tujuan kalian berlibur nanti, tetap utamakan keselamatan ya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, soal weekend mau kemana, saya punya usul nih, kalau weekend-nya bisa jalan-jalan ke Hutan Mangrove Bengkulu.  Buat warga Bengkulu pasti sudah tidak asing lagi ya dengan tempat wisata yang satu ini, lokasinya berada di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu, tepatnya berada di Kampung Sejahtera setelah Dermaga 1 menuju Pelabuhan Pulau Baai. Saat tiba di lokasi, kita akan disajikan suasana hutan mangrove, dan menariknya kita juga bisa menggunakan fasilitas perahu nelayan sekitar untuk bisa mengelilingi lokasi hutan mangrove, karena katanya belumlah lengkap apabila belum mengelilingi hutan Mangrove tersebut. Tarif naik perahu nelayan terbilang murah, cukup merogoh kocek hanya Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 , kita sudah bisa menggunakan perahu untuk melihat hut

Persiapan Yang Diperlukan Jika Naik Pesawat Saat Hamil di Masa Pandemi

Menggunakan transportasi udara untuk mudik di masa pandemi tentunya bikin hati deg-degan, dan perlu persiapan yang matang, apalagi ketika sedang hamil. Sebagaimana yang Saya alami baru-baru ini. Ada beragam berkas dan hal lainnya yang mesti benar-benar dipastikan dibawa dan tidak tertinggal, karena kalau tertinggal bisa-bisa akan sulit untuk bisa berangkat hari itu, seperti yang baru-baru ini Saya alami, dimana surat keterangan hamil yang sudah Saya persiapkan justru tak tahu dimana rimbanya, padahal jelas-jelas sudah Saya satukan dengan buku pink dari puskesmas. Syukurnya dapat solusi dari petugasnya. Setelah sampai di tujuan dan iseng cek lagi, eh ternyata ada nyelip di buku pink 🥴. Persiapan Penting yang Diperlukan Selain membuat ceklist semua barang-barang yang akan dibawa, berkas-berkas pun juga mesti diceklist supaya tidak ada yang tertinggal, diantaranya: Surat Keterangan Hamil Sebelum merencanakan kepergian, ada baiknya pastikan terlebih dulu keadaan ke dokter, apakah ibu ham

Waspada Pembajakan WhatsApp dan Cara Mengatasinya

WhatsApp dibajak orang? Apa bisa? Diantara teman-teman pembaca pastinya sudah tidak asing dengan istilah "pembajakan", dan menurut KBBI jika Pembajakan merupakan kegiatan merampas barang atau hak orang lain. Dan, akhir-akhir ini sedang dihebohkan dengan pembajakan whatsApp (WA), sebagaimana yang sudah dialami oleh beberapa teman Saya.  Kejadiannya sudah berulang kali terjadi, dari laporan yang masuk ke WhatsApp Grup, jika ada seorang teman (Sebut saja si P = Pelaku) menjapri teman lainnya (Kita sebut CK = Calon Korban) dengan isi japrian meminta tolong bantuan, tentu saja meminta pinjaman sejumlah uang. Teman saya/ Calon Korban yang dimintai tolong tersebut merasa ada yang aneh dengan gaya bahasa tulisan dari si Pelaku tersebut, karena sesama teman dan kalau sangat akrab pastinya paham dengan gaya bahasa masing-masing. Karena merasa ada yang mencurigakan, akhirnya si Calon Korban mencoba untuk mengajak video call, ternyata ditolak oleh si pelaku dengan beragam alasan. Akhirny