Langsung ke konten utama

Cara Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

 

Cara menjaga kesehatan tubuh

Siapa yang setuju, jika hidup tidak ada artinya tanpa tubuh yang sehat? Pastinya semua setuju ya. Apalagi di masa pandemi sekarang, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan. Dalam menjaga kesehatan tubuh, tentu saja beragam cara akan kita lakukan supaya tubuh tidak terserang berbagai macam penyakit. Tidak hanya nenerapkan protokol kesehatan, akan tetapi juga menerapkan pola hidup sehat.


Pola Hidup Sehat Saat Pandemi

Beberapa hal ini bisa kita lakukan supaya selalu sehat meski di masa pandemi, diantaranya:

  • 1. Menerapkan 3M 

Terapkan 3M, yakni Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan sabun menjadi sangat penting dilakukan untuk memutus rantai penularan virus covid-19, sebab virus dapat menyebar dari udara, dari benda yang kita sentuh ketika berada di tempat umum seperti gagang pintu, kursi dan benda lainnya. Itulah mengapa kita diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan tersebut.


  • 2. Makan Buah dan Sayur 

Makan buah dan sayur cara menjaga kesehatan tubuh


Buah dan sayur dapat memberikan serat dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita, sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya setiap hari. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan jika 70% sel imun terdapat di sistem pencernaan, jadi penting bagi kita mengonsumsi makanan kaya akan serat dengan kualitas yang baik, sebab dapat membuat pencernaan sehat sehingga memperkuat imun tubuh tubuh.


  • 3. Rutin Berolahraga

Berolahraga salah satu cara jaga kesehatan


Jika biasanya olahraga hanya dijadikan sebagai kegiatan selingan, ada baiknya mulailah untuk rutin berolahraga, sebab dengan berolahraga membuat tubuh sehat, dan bugar. Berolahraga juga tidak perlu sampai berjam-jam lamanya, yang penting rutin dilakukan setiap hari setidaknya 15 menit saja per harinya.


  • 4. Tidur yang Cukup

Siapa yang masih menyepelekan soal tidur? Sukanya begadang dan tidur siang pun enggan? Nah, mulailah untuk mengatur jadwal tidurmu, dan tidurlah dengan cukup serta rutin dilakukan. Sebab, memenuhi kebutuhan tidur memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, diantaranya meningkatkan imun tubuh, pengendalian nafsu makan serta meningkatkan daya ingat.


  • 5. Selalu Berpikir Positif

Perlu diketahui, jika pola pikir dapat memengaruhi tingkat kesehatan seseorang, sebab berpikir positif merupakan kunci utama dalam mengelola stress, yang selanjutnya akan berperan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan seperti tidak mudah sakit, tingkat depresi lebih rendah, kemampuan memori dan daya konsentrasi yang lebih tinggi serta mampu berpikir kreatif. Namun, jika kita berpikiran negatif, tentunya akan berdampak tidak baik bagi kesehatan bahkan dapat menimbulkan stress yang kemudian akhirnya menurunkan imunitas tubuh.


Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi. Kita tidak pernah tahu kapan pandemi ini akan berakhir, jadi tetaplah jalankan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan kita dan keluarga tercinta. Sebab, segala sesuatunya dimulai dari diri sendiri. Semoga kita semua sehat selalu. Aamiin.


Note: image by pixabay

Komentar

  1. Sebagai mantan survivor covid, aku bener2 menjalankan cara2 di atas mba. Suplemen, buah dan sayuran itu penting bangeeeet. Sekarang ini Krn kita ga tau kapan si virus akan menyerang, menaikkan imun tubuh udah cara yg paling bener. Krn di saat imun bagus, virusnya masukin, tapi biasanya hanya membuat penderita OTG. Dulu aku Alhamdulillah OTG , samasekali ga bergejala blaaaas sampe 2 bulan lebih. 4x swab sampai akhirnya negatif. Itu Krn tertular dr mama yg sakit, dan kami sempet DTG dan merawat, tanpa tahu mama kena covid di awal. Sayangnya mama ada penyakit bawaan, jd ga bertahan.

    Olahraga bisa dibilang sebelum pandemi aku ga pernah. Sekarang, tiap malam aku jd rutin olahraga :D. Pake panduan dari para instruktur senam di you tube aja. Dan jadi nagih. Rasanya ada yg kurang kalo sampe off dr olahraga :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf jika tidak saya publish komentar yang menyertakan link.

Postingan populer dari blog ini

Traveling ke Hutan Mangrove Bengkulu

Halo. Apa rencana kalian Weekend nanti? Sudah punya rencana dan sudah tahu mau kemana? Kemana pun tujuan kalian berlibur nanti, tetap utamakan keselamatan ya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, soal weekend mau kemana, saya punya usul nih, kalau weekend-nya bisa jalan-jalan ke Hutan Mangrove Bengkulu.  Buat warga Bengkulu pasti sudah tidak asing lagi ya dengan tempat wisata yang satu ini, lokasinya berada di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu, tepatnya berada di Kampung Sejahtera setelah Dermaga 1 menuju Pelabuhan Pulau Baai. Saat tiba di lokasi, kita akan disajikan suasana hutan mangrove, dan menariknya kita juga bisa menggunakan fasilitas perahu nelayan sekitar untuk bisa mengelilingi lokasi hutan mangrove, karena katanya belumlah lengkap apabila belum mengelilingi hutan Mangrove tersebut. Tarif naik perahu nelayan terbilang murah, cukup merogoh kocek hanya Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 , kita sudah bisa menggunakan perahu untuk melihat hut

Tips Menambah Follower Tanpa Beli

Hai hai hai ... Assalamu'alaikum. Apa kabar nih follower instagramnya? Dan berapa nih jumlah PV Instagram Story-nya? Masih segitu-gitu aja, atau ada peningkatan?? Nah, kali ini Saya mau curhat sedikit banyak soal cara meningkatkan jumlah follower. Bukan beli ya 🤭, soalnya sayang sama duitnya, bisa buat beli cilok, buat amal bahkan buat berwakaf. Buat teman-teman yang mau ikutan berwakaf, bisa melalui link http://bawaberkah.org loh, kita pun bisa berwakaf hanya Rp. 10.000 jika melalui transfer Bank dan minimal Rp. 20.000 jika melalui Gopay transfer. Asiknya, Kita bisa melakukan transferan yang menurut kita nyaman. Dan pahala pun kita dapatkan, Insyaa Allah asal ikhlas ya. Aamiin. Memang sih teknik beli follower bisa meningkatkan jumlah followers kita, apalagi rata-rata beberapa job menginginkan akun yang jumlah followernya gede, ada yang lima rebu, sepuluh rebu bahkan ada yang sudah mencapai ratusan ribu. Uwoww, kalau permintaan udah segitu dan kitanya belum memenuhi targ

Pentingnya Menjaga Pola Makan Agar Tubuh Tetap Sehat

Sehat. Siapa sih, yang tidak ingin tubuhnya sehat? Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Memiliki tubuh yang sehat, tentunya akan memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, namun ketika tubuh kita lemah, maka hal itu tentunya akan sangat menghambat  semua aktivitas, seperti misalnya ketika hari ini masuk sekolah, namun kalian sedang jatuh sakit, tentunya akan sangat memberatkan, hingga akhirnya mengharuskan kalian untuk ijin tidak masuk sekolah terlebih dahulu, dan harus ketinggalan pelajaran pula. Huuuuuu sedih syekalehh.  Nah, salah satu hal yang dapat membuat kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit adalah dengan menjaga pola makan. Mengingat betapa pentingnya dalam menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat, aku punya tips-tipsnya nih, langsung aja yuks simak. Cekidot!  Jangan tinggalkan sarapan. Sarapan tentunya sangat penting untuk tubuh kita, dengan sarapan tubuh kita akan memili