Langsung ke konten utama

Cara Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

 

Cara menjaga kesehatan tubuh

Siapa yang setuju, jika hidup tidak ada artinya tanpa tubuh yang sehat? Pastinya semua setuju ya. Apalagi di masa pandemi sekarang, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan. Dalam menjaga kesehatan tubuh, tentu saja beragam cara akan kita lakukan supaya tubuh tidak terserang berbagai macam penyakit. Tidak hanya nenerapkan protokol kesehatan, akan tetapi juga menerapkan pola hidup sehat.


Pola Hidup Sehat Saat Pandemi

Beberapa hal ini bisa kita lakukan supaya selalu sehat meski di masa pandemi, diantaranya:

  • 1. Menerapkan 3M 

Terapkan 3M, yakni Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan sabun menjadi sangat penting dilakukan untuk memutus rantai penularan virus covid-19, sebab virus dapat menyebar dari udara, dari benda yang kita sentuh ketika berada di tempat umum seperti gagang pintu, kursi dan benda lainnya. Itulah mengapa kita diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan tersebut.


  • 2. Makan Buah dan Sayur 

Makan buah dan sayur cara menjaga kesehatan tubuh


Buah dan sayur dapat memberikan serat dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita, sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya setiap hari. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan jika 70% sel imun terdapat di sistem pencernaan, jadi penting bagi kita mengonsumsi makanan kaya akan serat dengan kualitas yang baik, sebab dapat membuat pencernaan sehat sehingga memperkuat imun tubuh tubuh.


  • 3. Rutin Berolahraga

Berolahraga salah satu cara jaga kesehatan


Jika biasanya olahraga hanya dijadikan sebagai kegiatan selingan, ada baiknya mulailah untuk rutin berolahraga, sebab dengan berolahraga membuat tubuh sehat, dan bugar. Berolahraga juga tidak perlu sampai berjam-jam lamanya, yang penting rutin dilakukan setiap hari setidaknya 15 menit saja per harinya.


  • 4. Tidur yang Cukup

Siapa yang masih menyepelekan soal tidur? Sukanya begadang dan tidur siang pun enggan? Nah, mulailah untuk mengatur jadwal tidurmu, dan tidurlah dengan cukup serta rutin dilakukan. Sebab, memenuhi kebutuhan tidur memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, diantaranya meningkatkan imun tubuh, pengendalian nafsu makan serta meningkatkan daya ingat.


  • 5. Selalu Berpikir Positif

Perlu diketahui, jika pola pikir dapat memengaruhi tingkat kesehatan seseorang, sebab berpikir positif merupakan kunci utama dalam mengelola stress, yang selanjutnya akan berperan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan seperti tidak mudah sakit, tingkat depresi lebih rendah, kemampuan memori dan daya konsentrasi yang lebih tinggi serta mampu berpikir kreatif. Namun, jika kita berpikiran negatif, tentunya akan berdampak tidak baik bagi kesehatan bahkan dapat menimbulkan stress yang kemudian akhirnya menurunkan imunitas tubuh.


Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi. Kita tidak pernah tahu kapan pandemi ini akan berakhir, jadi tetaplah jalankan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan kita dan keluarga tercinta. Sebab, segala sesuatunya dimulai dari diri sendiri. Semoga kita semua sehat selalu. Aamiin.


Note: image by pixabay

Komentar

  1. Sebagai mantan survivor covid, aku bener2 menjalankan cara2 di atas mba. Suplemen, buah dan sayuran itu penting bangeeeet. Sekarang ini Krn kita ga tau kapan si virus akan menyerang, menaikkan imun tubuh udah cara yg paling bener. Krn di saat imun bagus, virusnya masukin, tapi biasanya hanya membuat penderita OTG. Dulu aku Alhamdulillah OTG , samasekali ga bergejala blaaaas sampe 2 bulan lebih. 4x swab sampai akhirnya negatif. Itu Krn tertular dr mama yg sakit, dan kami sempet DTG dan merawat, tanpa tahu mama kena covid di awal. Sayangnya mama ada penyakit bawaan, jd ga bertahan.

    Olahraga bisa dibilang sebelum pandemi aku ga pernah. Sekarang, tiap malam aku jd rutin olahraga :D. Pake panduan dari para instruktur senam di you tube aja. Dan jadi nagih. Rasanya ada yg kurang kalo sampe off dr olahraga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku masih abai banget nih dengan olahraga. Padahal penting banget buat kesehatan. Karena perlu dibiasakan, harus dimulai dari sekarang nih....

      Hapus
  2. Point 4 sellau kurang aku 😁 krn punya ank kecil. Jadi tiap malam selalu kebangun2. Harus nemenin kebelakang, minum dkk. Semoga badan tetep fit trs 😇

    BalasHapus
  3. Penting banget nih 3M dan menjaga pola makan sehat sebab itulah kunci daya tahan tubuh terjaga ya mbak

    BalasHapus
  4. pandemi seperti ini memang kita harus berpikir positif dan tetap menjaga kesehatan biar kita gak gampang stres sehingga mudah sakit karena body ngedrop artikel ini berguna banget untuk membantu kita supaya mencegah Corona Dengan berpikir hidup sehat dan jauh dari stres

    BalasHapus
  5. Saat pandemi seperti ini memang kesehatan tubuh jadi prioritas banget ya kak. Bahkan penting juga buat yang terkena covid. Biar bisa lekas membaik dan hasil tesnya pun hasilnya baik dengan penerapan pola hidup sehat gini ya

    BalasHapus
  6. Yang masih jadi pr banget buat saya adalah tidur nih mbak. Pengen banget bisa tidur cepet supaya bisa bangun lebih awal dan mengalihkan semua kegiatan di malam hari jadi ke dini hari.

    BalasHapus
  7. Berpikir positif ini yang utama banget. Dulu pas awal-awal pandemi stres banget. Mana anak-anak susah diatur mantap di rumah. Eh, stres malah bikin tubuh lemah. Memang sehat itu berawal dari pikiran juga ya.

    BalasHapus
  8. Tidurku sepertinya belum cukup nih kak, sepertinya harus dibenahi pola tidurku agar dapat istirahat yg cukup ya . Semoga kita selalu dalam keadaan sehat ya .

    BalasHapus
  9. Bener ya kak, menerapkan 3 m, olahraga, tidur yang cukup Dan makan makanan bergizi jadi Cara untuk menjaga kesehatan

    BalasHapus
  10. Satu persatu kerabat mulai pada kena nih kak. Tapi yang lagi happening sekarang sudah 5M ya kak. Gak cukup protokol kesehatan 3M lagi.

    BalasHapus
  11. Belakangan ini jadwal tidurku teratur kak. Tapi agak lemas karena gak bisa ambil tidur siang sekejap lagi. Kesibukan lebih terasa di siang hari makanya aku berusaha tidur tepat pukul 10 dan bangun pukul 4 pagi. Setiap hari begitu kak. Biar lebih sehat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf jika tidak saya publish komentar yang menyertakan link.

Postingan populer dari blog ini

Traveling ke Hutan Mangrove Bengkulu

Halo. Apa rencana kalian Weekend nanti? Sudah punya rencana dan sudah tahu mau kemana? Kemana pun tujuan kalian berlibur nanti, tetap utamakan keselamatan ya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, soal weekend mau kemana, saya punya usul nih, kalau weekend-nya bisa jalan-jalan ke Hutan Mangrove Bengkulu.  Buat warga Bengkulu pasti sudah tidak asing lagi ya dengan tempat wisata yang satu ini, lokasinya berada di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu, tepatnya berada di Kampung Sejahtera setelah Dermaga 1 menuju Pelabuhan Pulau Baai. Saat tiba di lokasi, kita akan disajikan suasana hutan mangrove, dan menariknya kita juga bisa menggunakan fasilitas perahu nelayan sekitar untuk bisa mengelilingi lokasi hutan mangrove, karena katanya belumlah lengkap apabila belum mengelilingi hutan Mangrove tersebut. Tarif naik perahu nelayan terbilang murah, cukup merogoh kocek hanya Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 , kita sudah bisa menggunakan perahu untuk melihat hut

Persiapan Yang Diperlukan Jika Naik Pesawat Saat Hamil di Masa Pandemi

Menggunakan transportasi udara untuk mudik di masa pandemi tentunya bikin hati deg-degan, dan perlu persiapan yang matang, apalagi ketika sedang hamil. Sebagaimana yang Saya alami baru-baru ini. Ada beragam berkas dan hal lainnya yang mesti benar-benar dipastikan dibawa dan tidak tertinggal, karena kalau tertinggal bisa-bisa akan sulit untuk bisa berangkat hari itu, seperti yang baru-baru ini Saya alami, dimana surat keterangan hamil yang sudah Saya persiapkan justru tak tahu dimana rimbanya, padahal jelas-jelas sudah Saya satukan dengan buku pink dari puskesmas. Syukurnya dapat solusi dari petugasnya. Setelah sampai di tujuan dan iseng cek lagi, eh ternyata ada nyelip di buku pink 🥴. Persiapan Penting yang Diperlukan Selain membuat ceklist semua barang-barang yang akan dibawa, berkas-berkas pun juga mesti diceklist supaya tidak ada yang tertinggal, diantaranya: Surat Keterangan Hamil Sebelum merencanakan kepergian, ada baiknya pastikan terlebih dulu keadaan ke dokter, apakah ibu ham

Waspada Pembajakan WhatsApp dan Cara Mengatasinya

WhatsApp dibajak orang? Apa bisa? Diantara teman-teman pembaca pastinya sudah tidak asing dengan istilah "pembajakan", dan menurut KBBI jika Pembajakan merupakan kegiatan merampas barang atau hak orang lain. Dan, akhir-akhir ini sedang dihebohkan dengan pembajakan whatsApp (WA), sebagaimana yang sudah dialami oleh beberapa teman Saya.  Kejadiannya sudah berulang kali terjadi, dari laporan yang masuk ke WhatsApp Grup, jika ada seorang teman (Sebut saja si P = Pelaku) menjapri teman lainnya (Kita sebut CK = Calon Korban) dengan isi japrian meminta tolong bantuan, tentu saja meminta pinjaman sejumlah uang. Teman saya/ Calon Korban yang dimintai tolong tersebut merasa ada yang aneh dengan gaya bahasa tulisan dari si Pelaku tersebut, karena sesama teman dan kalau sangat akrab pastinya paham dengan gaya bahasa masing-masing. Karena merasa ada yang mencurigakan, akhirnya si Calon Korban mencoba untuk mengajak video call, ternyata ditolak oleh si pelaku dengan beragam alasan. Akhirny