Langsung ke konten utama

Tips Agar Berwisata Menyenangkan

 

Tips supaya berwisata menyenangkan

Berwisata menjadi hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan, terlebih lagi jika berwisata bersama keluarga, tidak hanya untuk bersenang-senang namun juga akan membuat hubungan keluarga makin erat dan penuh kasih sayang. Namun, bagaimana jika berwisata dilakukan selama pandemi? Kalau Saya sih hayo-hayo aja, dan jangan lupa untuk selalu menjalankan protokol kesehatan. Nah, supaya saat berwisata, apalagi ketika bersama keluarga menjadi menyenangkan, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan. Selain itu, dengan perencanaan yang matang, setidaknya kita bisa menekan pengeluaran. 


Sebelumnya, kita harus membuat semacam catatan kira-kira keperluan apa saja yang akan dibawa. Ini biasa Saya lakukan, supaya tidak besar pengeluaran, apalagi jika membawa keluarga, ini perlu dipertimbangkan. Tapi, jika kalian merasa keberatan dengan membawa barang-barang keperluan, ya enggak jadi masalah juga enggak bawa, tinggal siapkan aja budget yang lebih banyak. 


Mengapa Harus Berwisata? 

Bagi Saya, melakukan perjalanan wisata tentunya memberikan pengalaman berharga tersendiri, terlebih jika dilakukan bersama keluarga, akan menjadi momen berharga yang takkan pernah terlupa. Dilansir dari Liputan 6, ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marc Berman dari University of Michigan - Amerika Serikat, ia mengungkapkan jika keindahan alam diyakini memiliki kemampuan untuk membuat pikiran seseorang lebih segar. Selain itu, berwisata juga memberi manfaat lainnya, diantaranya:

  • Bantu Mengembalikan dan Menjaga Mood

Setelah sepekan bekerja full time, tentunya kita butuh refreshing dan salah satunya dengan pergi berwisata, baik itu ke pantai, taman ataupun ke tempat-tempat indah lainnya. Usai berwisata, tentunya membuat pikiran lebih segar, dan terkadang dari perjalanan wisata tersebut menimbulkan ide-ide cemerlang untuk rencana ke depan.


Wisata menyenangkan


  • Lebih Mengenali Keindahan Alam

Berwisata merupakan kegiatan positif yang bisa dilakukan kapan saja, dan dengan perjalanan wisata tersebut tentunya membuat kita lebih mengenali keindahan alam Indonesia. Selain itu, kekaguman kita pada keindahan alam membuat kita menjadi seseorang yang pandai bersyukur atas ciptaan sang Pencipta.


  • Dapat Meningkatkan Energi dan Semangat

Setelah melakukan perjalanan wisata, tentunya membuat tubuh lebih bersemangat untuk kembali melakukan beragam aktivitas keesokan harinya.


Keperluan Yang Harus Dibawa Saat Berwisata

Nah, supaya nggak terlalu banyak pengeluaran saat melakukan wisata, berikut beberapa benda yang Saya bawa:

  • Bekal Makan dan Minuman

Berwisata tentunya perlu makan dan minum, dan biasanya malam harinya Saya menyiapkan beberapa bahan yang pagi harinya bisa langsung Saya olah untuk dijadikan bekal. Biasanya saya membuat sambal karena daya tahannya cukup lama ketimbang makanan berkuah. Dan tak lupa menyiapkan beberapa botol minuman, seridaknya 2 botol minum saja. 


  • Camilan

Ini juga penting dibawa, dan biasanya Saya beli jajanan buat camilan di warung, sebab jika beli di tempat wisata biasanya akan lebih mahal😁. Tapi, kalau kalian merasa ribet dan punya uang banyak ya nggak masalah sih beli camilannya di tempat wisata. 


  • Bawa Tikar Sendiri

Nah ini juga termasuk barang wajib dibawa ketika berwisata, setidaknya membawa tikar lipat, karena di tempat wisata biasanya tidak menyediakan tempat duduk, kecuali yang disediakan penjaja makanan, tapi ya kita mesti beli jualan mereka, kalau enggak ya pasti tidak dibolehin duduk disana seenaknya🤭.


  • Bawa Mukenah

Ini juga perlu dibawa, apalagi selama pandemi seperti ini. Untuk mukenah, bawalah yang bahannya ringan.


  • Bawa Handuk Kecil

Untuk mengurangi pemakaian tisu, kalian bisa membawa handuk kecil. Ini biasanya Saya bawa untuk mengelap wajah yang keringatan.


  • Kantong Kresek.

Kantong kresek juga perlu kalian bawa, terlebih jika membawa bayi maupun anak-anak. Setidaknya bisa mengantongi pakaian mereka yang kotor ataupun basah dan juga bisa menjadi wadah sampah ketika makan di tempat yang tidak menyediakan tong sampah.


  • Siapkan Uang Cash

Meskipun sekarang era digital dan bisa bayar ini itu dengan uang digital, namun kita juga perlu menyediakan uang cash untuk pegangan, buat berjaga-jaga jika diperlukan, apalagi penjaja makanan mungkin tidak semuanya bisa menerima pembayaran dengan uang digital.


  • Bawa Pengisi Daya

Nah, ini menjadi barang yang wajib dibawa kemanapun pergi, terlebih jika ingin melakukan perjalanan wisata, sebab terkadang kita akan kesulitan untuk menemukan tempat pengisi daya. Dengan membawa sendiri, tentunya kita nggak perlu panik jika di tempat umum sulit menemukan atau mendapatkan tempat pengisian daya. 


Manfaat Berwisata Bagi Anak

Berwisata untuk anak tentu saja memiliki beragam manfaat, diantaranya:

  • Meninggalkan Kesan Positif Bagi Anak

Mengajak anak-anak berwisata tentunya memberi manfaat tersendiri, selain dapat mengenalkan anak pada flora dan fauna, juga akan memberikan kesan yang tak terlupakan bagi anak. Bahkan dapat mengajarkan anak supaya lebih menghargai lingkungan sekitar. 


  • Membuat Badan Jadi Lebih Bugar

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat berwisata, seperti misalnya hiking bahkan mendirikan tenda, dari kegiatan ini membuat anak-anak lebih aktif sehingga tubuh mereka jadi lebih bugar. Dan masih banyak manfaat lainnya. 


Keseruan berwisata bersama keluarga


Nah, itulah beberapa info yang bisa Saya share buat kalian. Jika punya masukan, kira-kira apalagi yang wajib dibawa saat berwisata boleh banget share di kolom komentar. Selain itu, jika kalian mau melihat Keindahan Hutan Mangrove di Pulau Bintan bisa banget baca ulasannya mbak Citra loh. Mana tau bisa jadi list tempat berwisata kalian selanjutnya. 

Komentar

  1. Aku tuh kalau wisata suka lupa bawa alas duduk/ tikar jadi yang ada suka ngampar aja tapi baju jadi cepat kotor deh..hihi mksh udah dikasih masukan kak Ipeh

    BalasHapus
  2. yang paling penting untukku kayaknya bawa kresek nih mbak sebab kadang suka bingung kalau ga nemu tempat sampah dan paling panik kalau batere hp juga habis

    BalasHapus
  3. Sebagai penghubi bekasi yang kalau mau wisata harus ke kota lain. Satu lagi kak yang harus kami bawa yaitu surat test rapid. Soalnya pernah aku ditolak pas mau masuk ragunan gara-gara ngga ada tes rapidnya :(

    BalasHapus
  4. Yes saya setuju banget berwisata bisa mengembalikan mood kak. Jadi kalau pas bad mood Hal terbaik yang dilakukan adalah pergi wisata, foto-foto, makan lalu lupa deh bad moodnya

    BalasHapus
  5. huhuhu bener banget ini Kak. Sekarang ini saya mencoba berliburan di dalam kota sendiri aja, mengeksplor dengan berjalan kaki sekalian menghilangkan kemageran setelah winter datang.

    Lumayan bisa bikin otak fresh dan juga mendapatkan sinar matahari gratis.

    Buat liburan yang jauh belum kebayang, masih ngeri buat jalan jalan.

    BalasHapus
  6. Setuju banget kalau berwisata itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga bisa mempererat hubungan keluarga. Namun semua harus disiapkan sematang mungkin, biar nggak ada kejadian yang ngeselin ya kak. Misalnya lupa bawa plastik untuk tempat pakaian basah. Padahal sudah tau lagi mau ke pantai

    BalasHapus
  7. Selain itu, banyak pengalaman baru yang bisa didapat hanya ketika kita berwisata. Baik pengalaman budaya, komunikasi maupun pengalaman memicu adrenalin. Duh, jadi pengen berwisata.

    BalasHapus
  8. Bener banget mbak. Berwisata segudang manfaat. Apalagi untuk fikiran. Aku jg paling senang jalan2. Kalau sudah jenuh biasanya suka ngatur jadwal bareng kluarga.

    BalasHapus
  9. Berwisata memang harus masuk agenda ya , untuk merefresh pikiran, dan lebih bersyukur aja dengan melihat keindahan alam yang diciptakan oleh sang Pencipta. Nah untuk bawa camilan itu aku banget kak wkwkw takut kelaparan aku tuh

    BalasHapus
  10. Saya tambahin boleh kak?
    Kalo bawa anak, selalu bawa baju ganti, tisu basah, juga perlengkapan obat.. hehehe.

    BalasHapus
  11. Saya biasanya ga lupa bawa kresek nih mbak kan ga setiap sudut ruangan ada tempat pembuangan sampah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf jika tidak saya publish komentar yang menyertakan link.

Postingan populer dari blog ini

Insto Dry Eyes, Solusinya Mata Kering

Kemana-mana mesti bawa Insto Dry Eyes . Obat tetes mata yang biasa Saya gunakan untuk atasi mata kering akibat terlalu lama terpapar layar smartphone . Sejak memutuskan mencari penghasilan lain selain menulis di beberapa platform, yakni menjadi admin sebuah management , tentu saja saya semakin lama bersentuhan dengan smartphone, bisa dibilang selama 24 jam hanya 9 jam mata beristirahat. Apalagi ada job dadakan, sayang donk dilepas begitu saja, kan lumayan duitnya buat jajan anak dan menambah kebutuhan dapur. Tapi ya itu resikonya, mata jadi makin lama menatap layar karena mesti cek spreadsheet hasil kerjaan satu per satu, belum lagi ada deadline tulisan yang sudah mepet harus disetor, ditambah terpapar kipas angin saat proses pengerjaan deadline dan pengecekan karena akhir-akhir ini cuaca begitu panas, alhasil membuat mata makin perih bahkan pegel. Mata juga jadi mengalami sepet luar biasa akibat kurang tidur. Andai mata bisa berteriak, pastilah dia minta tolong. Tapi ya, mau gimana

Review Salah Satu Karya Cerpen dari Kumpulan Cerpen Garwa: Sigaraning Nyawa

Halo sobatq, siapa diantara kalian yang suka membaca cerpen, novel dan buku lainnya? Kalau Saya suka banget, dan alhamdulillah sudah beberapa buku antologi cerpen dan puisi yang salah satunya terdapat karya Saya. Seperti baru-baru ini, Saya bersama teman-teman penulis dari berbagai latar, hingga berbagai daerah telah berhasil membukukan karya setelah mengikuti kelas KMO Batch 26 kelompok 11 beberapa waktu lalu. Kumpulan cerpen tersebut kami beri judul Garwa: Sigaraning Nyawa. Jadi, Garwa ini sering dipahami dengan “Sigaraning Nyawa” yang artinya belahan nyawa atau belahan jiwa. Yang tentunya memiliki makna jika istri adalah belahan jiwa bagi suaminya. Oiya, hampir terlupa. KMO atau Komunitas Menulis Online ini kerap mengadakan kelas belajar secara online loh. Dan, ketika nama kita terdaftar, kita akan di add di whatsapp grup dan grup khusus telegram. Tapi, ada tantangannya setelah kelas berjalan, dan tugas harus dikerjakan sesuai deadline yang diberikan. Jika sebanyak 3 kali kita tidak

Traveling ke Hutan Mangrove Bengkulu

Halo. Apa rencana kalian Weekend nanti? Sudah punya rencana dan sudah tahu mau kemana? Kemana pun tujuan kalian berlibur nanti, tetap utamakan keselamatan ya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, soal weekend mau kemana, saya punya usul nih, kalau weekend-nya bisa jalan-jalan ke Hutan Mangrove Bengkulu.  Buat warga Bengkulu pasti sudah tidak asing lagi ya dengan tempat wisata yang satu ini, lokasinya berada di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu, tepatnya berada di Kampung Sejahtera setelah Dermaga 1 menuju Pelabuhan Pulau Baai. Saat tiba di lokasi, kita akan disajikan suasana hutan mangrove, dan menariknya kita juga bisa menggunakan fasilitas perahu nelayan sekitar untuk bisa mengelilingi lokasi hutan mangrove, karena katanya belumlah lengkap apabila belum mengelilingi hutan Mangrove tersebut. Tarif naik perahu nelayan terbilang murah, cukup merogoh kocek hanya Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 , kita sudah bisa menggunakan perahu untuk melihat hut